Kegiatan Panen Serentak Hari Ini Mendapat Apresiasi

Reporter : Rezki Apriliya Iskandar | Editor : Andry | Senin, 30 November 2020 16:44 WIB | Dibaca 810 kali
Kegiatan Panen Serentak Hari Ini Mendapat Apresiasi (Foto : / Beritajakarta.id)

Kegiatan panen serentak hasil pertanian perkotaan (urban farming) di seluruh wilayah Ibu Kota yang digelar secara daring hari ini mendapatkan apresiasi dari banyak pihak.

" Hal ini menunjukkan bahwa di masa pandemi, warga Jakarta tetap dapat produktif dengan keterbatasan lahan"

Salah satunya Deputi Gubernur Bidang Budaya dan Pariwisata DKI Jakarta, Dadang Solihin. Ia merasa bangga dengan panen serentak yang dilakuakan di tengah sulitnya situasi pandemi COVID-19. Panen serentak ini juga menjadi bukti sinergitas antar elemen masyarakat dalam menjaga ketahanan pangan di Ibu Kota.

"Hal ini menunjukkan bahwa di masa pandemi, warga Jakarta tetap dapat produktif dengan keterbatasan lahan. Bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan sendiri tetapi juga lingkungan sekitar," ujarnya, Senin (30/11).

Dadang juga menyampaikan apresiasi kepada segenap jajaran Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta yang tiada henti melakukan pembinaan dan pengembangan usaha sektor pertanian perkotaan.

"Kepada para pelaku urban farming Jakarta tetap tangguh. Jangan mudah menyerah dalam menghadapi berbagai tantangan seperti kondisi cuaca, hama, gagal panen dan wabah," serunya.

Ia berharap, kegiatan panen serentak ini dapat menambah motivasi para pegiat pertanian perkotaan untuk lebih meningkatkan usaha di bidang pertanian. Terlebih di masa pandemi seperti saat ini, pertanian merupakan salah satu sektor yang memberikan kontribusi positif bagi perekonomian DKI Jakarta. 

"Kebutuhan pangan yang cukup tinggi baik untuk konsumsi rumah tangga, hotel, restoran, dan lain-lain menunjukkan besarnya peluang dan potensi dari sektor ini," ucapnya.

Dadang menambahkan, ke depan, Pemprov DKI akan terus memberikan dukungan dalam bentuk program-program terpadu mulai dari produksi, pemasaran dan pengolahan hasil pertanian, peternakan dan perikanan.

"Kita akan berupaya menggandeng pihak lainnya agar sektor pangan ini bisa terintegrasi dari hulu sampai hilir," tandasnya.

Perlu diketahui, dalam kegiatan panen serentak ini juga dilakukan acara penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara PT Tani Hub dengan Kelompok Tani Karang Taruna 02 Kemang, Bangka, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

Dari PKS tersebut, PT Tani Hub akan membantu dalam pemasaran hasil pertanian para petani di Jakarta. Pada kesempatan ini juga dilakukan penyerahan secara simbolis Jakcard Edisi Khusus Urban Farming bagi pegiat urban farming di DKI. Sebagai tahap awal, Bank DKI akan memberikan JakCard edisi khusus kepada 160 orang.

TOP