1.135 Peserta Ikut Panen Serentak dari 228 Lokasi

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Rio Sandiputra | Senin, 30 November 2020 10:42 WIB | Dibaca 1080 kali
1.135 Peserta Ikut Panen Serentak dari 228 Lokasi (Foto : Aldi Geri Lumban Tobing / Beritajakarta.id)

Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) berkolaborasi dengan Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Kominfotik) DKI Jakarta mengadakan panen serentak secara daring (online), Senin (30/11).

" Diperkirakan hasil panen mencapai 63 ton, terdiri dari pertanian sebanyak 62,3 ton, perikanan 0,7 ton, dan peternakan 130 ekor."

Panen serentak diikuti sekitar 1.135 peserta dan berlangsung di 228 titik lokasi pertanian perkotaan yang tersebar di seluruh wilayah DKI Jakarta baik perkantoran, RPTRA, kelompok tani, sekolah, termasuk kantor polsek.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Suharini Eliawati mengatakan, hasil panen serentak hari ini diperkirakan mencapai 63 ton. Rincian hasil panen pertanian sebanyak 62,3 ton, perikanan 0,7 ton, dan peternakan 130 ekor.

Eli menilai, saat ini kegiatan pertanian perkotaan semakin berkembang luas di kalangan masyarakat kota Jakarta dan dilaksanakan oleh berbagai kalangan, mulai dari anak sekolah, mahasiswa, ibu rumah tangga, pegawai pemerintahan/swasta, figur publik, petani kota, dan lain-lain.

Maka itu, Pemprov DKI Jakarta terus memberi dukungan kepada kegiatan pengembangan pertanian perkotaan dengan terus memberikan pembinaan melalui tatap muka ataupun secara virtual on line seperti webinar.

"Pembinaan yang dilakukan mulai dari budidaya, pengolahan pasca panen sampai dengan pemasaran hasil pertanian," ungkap Eli.

Eli menjelaskan, pelaksanaan panen serentak ini diharapkan akan memotivasi pelaku pertanian perkotaan yang sudah ada dan akan mampu menumbuhkan minat terhadap kegiatan atau aktivitas pertanian perkotaan kepada warga masyarakat kota Jakarta lainnya.

Dia menambahkan, tujuan kegiatan menjadikan pertanian perkotaan sebagai bagian dari kegiatan kota Jakarta yang bukan saja menjadi satu pola hidup sehat tapi dalam jangka panjang akan menjadikan kota Jakarta yang berketahanan pangan.

"Di mana salah satu indikatornya adalah kemampuan untuk menyediakan sumber pangannya sendiri," ucap Eli.

Pada acara panen serentak ini dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara PT. Tani Hub dengan Kelompok Tani Karang Taruna 02 Kemang Kelurahan Bangka, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

Salah satu poin kerja samanya adalah PT Tani Hub akan membantu dalam pemasaran hasil pertanian yang dilakukan petani kota Jakarta.

Pada kesempatan ini juga dilakukan penyerahan secara simbolis Jackard Edisi Khusus Urban Farming bagi penggiat urban farming di DKI Jakarta. Bank DKI akan memberikan Jackard edisi khusus kepada 160 orang pada tahap awal.

TOP