TP PKK Jakpus Panen Sayuran di JP Farm

Reporter : Folmer | Editor : Toni Riyanto | Senin, 30 November 2020 12:47 WIB | Dibaca 875 kali
TP PKK Jakpus Panen Sayuran di JP Farm (Foto : Folmer / Beritajakarta.id)

Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Jakarta Pusat memanen sayuran di JP Farm yang berada di area Kantor Wali Kota Jakarta Pusat.

"Menggunakan metode hidroponik "

Pelaksana Harian (Plh) Ketua TP PKK Jakarta Pusat, Emma Gema Diana mengatakan, sayuran yang dipanen hari ini diantaranya, pakcoy dan pagoda.

"Hasil panen akan dijual kepada pegawai di lingkungan Pemkot Jakarta Pusat untuk keperluan pembelian bibit dan yang lainnya," ujar Emma, Senin (30/12).

Emma menjelaskan, JP Farm dikelola oleh Kelompok Kerja (Pokja) III TP PKK Jakarta Pusat sebagai implementasi urban farming atau pertanian perkotaan dengan memanfaatkan keterbatasan lahan untuk bertani atau bercocok tanam.

"Kami di sini menggunakan metode hidroponik. Adanya JP Farm ini kami harapkan bisa mendukung peningkatan ketahanan pangan di Jakarta serta peningkatan gizi dengan mengonsumsi sayuran segar," terangnya.

Ia menambahkan, banyak manfaat dari urban farming, selain bisa memenuhi kebutuhan sayur-mayur, lingkungan juga menjadi lebih hijau dan asri, termasuk di kawasan perkantoran.

"Untuk pengelolaan JP Farm kami  juga mendapatkan pendampingan langsung dari Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Jakarta Pusat," tandasnya.

TOP