Kelurahan Pulau Panggang Bentuk Kelompok Tani Rumput Laut

Reporter : Suparni | Editor : F. Ekodhanto Purba | Rabu, 14 Agustus 2019 14:55 WIB | Dibaca 611 kali
Kelurahan Pulau Panggang Bentuk Kelompok Tani Rumput Laut (Foto : Suparni / Beritajakarta.id)

Kelurahan Pulau Panggang Kepulauan Seribu Utara membentuk kelompok tani rumput laut di wilayahnya. Hal itu dilakukan seiring semakin banyaknya animo warga yang ingin membudidayakan dan menjadi petani rumput laut.

" Kita bentuk dan sudah ada 30 kelompok pembudidaya termasuk pembagian zonasinya"

Lurah Pulau Panggang, Pepen Kuswandi mengatakan, hingga saat ini sudah ada sebanyak 300 orang yang menjadi binaan dari Sudin KPKP dan UKT 2 yang mulai membudidayakan rumput laut di perairan Pulau Panggang dan Pulau Karya.

"Kita bentuk dan sudah ada 30 kelompok pembudidaya termasuk pembagian zonasinya," ujar Pepen, Rabu (14/8).

Menurutnya, pembentukan kelompok dan pembagian zonasi lahan untuk memudahkan pembinaan sekaligus agar menjaga kualitas perairan agar tetap sehat dan mencegah penyakit pada tanaman.

"Mereka tersebar di perairan Pulau Panggang yang meliputi Pulau Karya, Karang Lebar hingga Karang Sempit, mudah-mudahan ini menjadi awal yang baik untuk budidaya rumput laut di Pulau Panggang," terangnya.

Ditambahkannya, untuk sementara ini beberapa jenis rumput laut yang coba dikembangkan para kelompok tani diantaranya; rumput laut warna coklat, rumput laut warna hijau dan jenis rumput laut warna merah.

TOP