UPT Alkal Dinas SDA DKI Bantu Urug Lahan TPU Rorotan

Rabu, 07 Juli 2021 10:48 Nurito 489

(Foto: Nurito - Beritajakarta.id)

Unit Pengelola Teknis Peralatan dan Perbekalan (UPT Alkal) Dinas Sumber Daya Air DKI, membantu pengurukan lahan untuk penyediaan Tempat Pemakaman Umum (TPU) Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara. Pengurukan dimulai sejak sepekan lalu.

Sejak sepekan kemarin, perkiraan volume yang sudah terkirim kurang lebih 2.800 meter kubik

Kasubag TU UPT Alkal Dinas SDA DKI, Boris Lumbangaol mengatakan, pengurukan lahan TPU Rorotan ini menggunakan tanah liat yang sudah dikeringkan hasil pengerukan Waduk Side C JGC Cakung dan Waduk Ria Rio Pulogadung.

Pengurukan lahan TPU dilakukan sejak sepekan lalu dengan mengerahkan 14 armada dump truk yang setiap harinya. Namun, mulai pekan ini jumlahnya ditingkatkan menjadi 25 armada dump truk per harinya. Pengurukan dilakukan karena lahan yang digunakan untuk TPU Rorotan ini mulanya areal persawahan.

"Saat ini dioperasikan 25 dump truk untuk pengangkutan tanah liat hasil pengerukan waduk yang telah dikeringkan. Sejak sepekan kemarin, perkiraan volume yang sudah terkirim kurang lebih 2.800 meter kubik," kata Boris, Rabu (7/7).

Selain melakukan pengurukan, lanjut Boris, pihaknya juga mengerahan satu unit buldozer untuk meratakan tanah yang baru diturunkan dari dump truk. Sehingga lahan bisa siap digunakan untuk pemakaman.

Tak hanya itu, dua unit mobil Jetting Combi juga disiagakan untuk menyemprot dump truk usai menurunkan tanah hasil pengerukan. Sehingga truk yang keluar dari area TPU Rorotan kondisinya sudah bersih dan diharapkan tidak mengotori aspal jalan.