900 Petak Makam di TPU Rorotan Telah Terisi

Kamis, 24 Juni 2021 12:01 Rezki Apriliya Iskandar 965

(Foto: Rezki Apriliya Iskandar - Beritajakarta.id)

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Suku Dinas (Sudin) Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Utara tengah menyiapkan lahan seluas tiga hektare untuk pemakaman jenazah pasien COVID-19 di Taman Pemakaman Umum (TPU) Rorotan, RW 09 Kelurahan Rorotan, Cilincing. Lahan seluas tiga hektare tersebut diprediksi bisa menampung sebanyak 7.200 petak makam.

Kita berharap tidak akan ada lagi penambahan jumlah jenazah pasien COVID-19 yang dimakamkan di sini,

Kepala Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Utara, Elly Sugestianingsih mengatakan, TPU Rorotan memiliki luas lahan sebesar 25 hektare. Rencana awal, disiapkan dua hektare untuk pemakaman jenazah pasien COVID-19. Namun seiring berjalannya waktu ternyata proses pematangan lahan mencapai tiga hektare.

"Hingga saat ini makam yang sudah terpakai sekitar 900 makam. Kita berharap tidak akan ada lagi penambahan jumlah jenazah pasien COVID-19 yang dimakamkan di sini," ujar Elly, Kamis (24/6).

Dikatakan Elly, pihaknya memaksimalkan pelayanan pemakaman di TPU Rorotan dengan mengerahkan 30 petugas untuk bertugas di TPU tersebut.

"Awalnya disiagakan 18 petugas tetapi karena ada peningkatan jumlah jenazah pasien COVID-19 maka tim yang bertugas di sana ditambah menjadi 30 orang," katanya.

Elly menambahkan, dalam waktu dekat para petugas akan merapikan dan menata badan makam. Penataan ini dilakukan secara bertahap bersamaan dengan proses pembangunan sejumlah fasilitas di TPU Rorotan yang masih terus berjalan.

"Ini adalah pekerjaan kolaborasi dengan melibatkan semua unsur dalam upaya menyediakan kebutuhan lahan pemakaman COVID-19 di wilayah DKI Jakarta," tandas Elly.