11.478 Lansia di Kelapa Gading Sudah Divaksinasi COVID-19

Reporter : Rezki Apriliya Iskandar | Editor : Erikyanri Maulana | Sabtu, 01 Mei 2021 22:53 WIB | Dibaca 1068 kali
11.478 Lansia di Kelapa Gading Sudah Divaksinasi COVID-19 (Foto : Rezki Apriliya Iskandar / Beritajakarta.id)

Puskesmas Kecamatan Kelapa Gading mencatat hingga 30 April 2021, sebanyak 11.478 warga lanjut usia (lansia) telah mendapatkan vaksinasi COVID-19.

"Oleh karena itu kami terus melakukan sosialisasi dan pendekatan langsung secara door to door ke rumah-rumah warga lansia untuk mengajak mereka supaya mau divaksin, "

Kepala Puskesmas Kecamatan Kelapa Gading, Diah Anggraeni menuturkan, jumlah lansia yang mendaftar untuk mendapatkan vaksinasi COVID-19 di wilayahnya sebanyak 11.513 lansia. Sementara data dari Dinas Dukcapil DKI Jakarta tercatat jumlah lansia di Kecamatan Kelapa Gading sebanyak 18.731 lansia.

"Dari jumlah itu ada sembilan lansia yang tidak dapat divaksin dan 26 lansia ditunda untuk divaksinasi. Faktor penyebabnya karena komorbid (penyakit penyerta) yang berat dan tidak terkontrol. Ada juga lansia yang merupakan survivor COVID-19 dan belum tiga bulan dinyatakan negatif COVID-19," ujar Diah, Sabtu (1/5).

Dikatakan Diah, pihaknya masih terus melakukan upaya untuk mempercepat capaian vaksinasi 100 persen. Dari temuan di lapangan, pihaknya masih menemukan lansia yang tidak mau mengikuti vaksinasi COVID-19 karena faktor rasa khawatir dan takut akan KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi), menganggap vaksinasi COVID-19 tidak aman dan tidak halal, serta faktor kurang adanya dukungan dari keluarga.

"Oleh karena itu kami terus melakukan sosialisasi dan pendekatan langsung secara door to door ke rumah-rumah warga lansia untuk mengajak mereka supaya mau divaksin. Kami terus berkoordinasi dengan lintas sektor juga melakukan sosialisasi melalui media sosial, WhatsApp grup, dan media online lainnya," katanya.

Menurutnya, untuk mempercepat capaian vaksinasi COVID-19 bagi lansia, pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi lansia juga dilaksanakan di beberapa lokasi vaksinasi dinamis seperti Sekolah Santo Yakobus Jakarta, Mal Kelapa Gading, Mal Artha Gading, Mall of Indonesia, dan GOR Judo Kelapa Gading. Sedangkan untuk lokasi vaksinasi statis berada di Puskesmas Kecamatan Kelapa Gading.

Diah menambahkan, pihaknya juga terus berkoordinasi dan bekerja sama dengan para stakeholder terkait demi menyukseskan vaksinasi COVID-19 terutama bagi lansia, karena lansia sampai saat ini masih menjadi prioritas vaksinasi. Menurutnya, lansia juga berisiko tertular dan jika tertular akan mengalami risiko kondisi yang berat. Sistem imunitas seseorang berusia di atas 60 tahun melemah seiring penuaan yang terjadi pada tubuh.

"Selain penuaan, penyakit penyerta (komorbid) seperti diabetes melitus dan hipertensi yang diderita para lansia juga ikut membuat daya tahan tubuh melemah. Oleh karena itu, lansia diprioritaskan untuk mengikuti vaksinasi COVID-19," tandasnya.

TOP