Vaksinasi COVID-19 Bagi Lansia di Jakut Sudah 75 Persen

Reporter : Rezki Apriliya Iskandar | Editor : Erikyanri Maulana | Senin, 19 April 2021 17:30 WIB | Dibaca 797 kali
Vaksinasi COVID-19 Bagi Lansia di Jakut Sudah 75 Persen (Foto : Rezki Apriliya Iskandar / Beritajakarta.id)

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Utara terus melakukan percepatan proses vaksinasi COVID-19 khususnya bagi warga lanjut usia. Dari data terakhir menyebutkan, saat ini sudah 75 persen atau sekitar 70 ribu lansia di Jakarta Utara sudah mendapatkan vaksinasi COVID-19.

"Saat ini kami sedang mengejar 25 persen lansia yang belum mendapatkan vaksinasi COVID-19, "

Kepala Suku Dinas (Sudin) Kesehatan Jakarta Utara, Yudi Dimyati menuturkan, jumlah lansia yang telah mendapatkan vaksinasi COVID-19 tersebut tersebar di enam wilayah kecamatan di Jakarta Utara.

"Ada lansia yang tidak dapat divaksin karena tekanan darahnya sedang tinggi. Kemudian ada juga yang memiliki riwayat penyakit dalam kategori berat sehingga secara fisik tidak memungkinkan untuk divaksin. Tapi kalau penyakit itu terkendali mereka tetap bisa divaksin," ujar Yudi, Senin (19/4).

Dikatakan Yudi, saat ini pihaknya sedang mengejar 25 persen warga lansia yang belum menerima vaksinasi COVID-19. Warga lansia tersebut belum divaksin karena pernah ditunda oleh tim medis saat mengikuti vaksinasi COVID-19 sebelumnya.

Yudi menjelaskan, ditundanya vaksinasi warga lansia ini disebabkan mengalami gangguan kesehatan saat proses pemeriksaan medis atau skrining.

"Saat ini kami sedang mengejar 25 persen lansia yang belum mendapatkan vaksinasi COVID-19 karena sempat tertunda saat mereka menghadiri vaksinasi sebelumnya," katanya.

Dia menambahkan, pihaknya juga terus berupaya untuk bisa mencapai target vaksinasi COVID-19 yang ditargetkan selesai pada 30 April 2021 mendatang.

"Kami sedang identifikasi permasalahan di lapangan. Lalu disepakati bersama solusinya dengan camat, lurah, kader dasa wisma, dan pihak terkait lainnya. Misalnya layanan di pos-pos RW yang masih banyak lansianya kita terus gencarkan vaksinasi ini," tandasnya.

TOP