Senin, 17 November 2025 Reporter: Anita Karyati Editor: Toni Riyanto 471
(Foto: Istimewa)
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Koja, Jakarta Utara menyelenggarakan Forum Konsultasi Publik (FKP) dalam upaya mewujudkan komitmen meningkatkan kualitas pelayanan.
"Memberikan pelayan yang terbaik"
Direktur RSUD Koja, Alifianti Lestari mengatakan, kegiatan ini merupakan ruang dialog terbuka antara rumah sakit, masyarakat dan para pemangku kepentingan untuk menyampaikan pandangan, masukan, dan harapan terhadap pelayanan di RSUD Koja.
"Kegiatan sangat penting bagi kami untuk terus berbenah dan memastikan setiap layanan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan masyarakat," ujarnya, di Ruang Kenari RSUD Koja, Jakarta Utara, Senin (17/11).
Menurut Alifianti, standar pelayanan perlu diperbarui setiap setiap tahun agar pelayanan RSUD Koja menjadi lebih berkualitas serta memberi kepastian layanan kepada masyarakat.
"Terima kasih kepada semua pihak yang hadir. Usulan mereka ini tentu menjadi masukan bagi kami untuk terus memberikan pelayan yang terbaik," terangnya.
Kepala Bagian Umum, Pemasaran dan SDM RSUD Koja, Edison Sahputra menambahkan, kegiatan ini dihadiri sekitar 30 orang yang perwakilan Dewan Kota, kecamatan, kelurahan, Ketua RW, RT, serta Relawan Kesehatan (Rekan) Provinsi DKI Jakarta Indonesia, organisasi Profesi Cabang Jakarta Utara, mahasiswa, media, serta perwakilan pasien.
"Forum ini juga sejalan dengan upaya Pak Gubernur untuk mendorong rumah sakit yang berorientasi pada kepuasan dan keselamatan pasien," ungkapnya.
Ia menjelaskan, ada beberapa masukan dan usulan yang disampaikan oleh para peserta, di antaranya, pelatihan hospitality, gedung parkir, layanan geriatri, pelayanan robotic, dan beberapa hal lainnya.
"Usulan ini akan segera kami tindak lanjut dengan jangka waktu penyelesaian yang telah disepakati bersama. Mudah-mudahan kami terus bertransformasi menjadi rumah sakit yang unggul, ramah, dan dipercaya masyarakat," bebernya.
Sementara itu, Ketua Rekan Indonesia Provinsi DKI Jakarta, Martha Tiana Hermawan menyampaikan, RSUD Koja sudah menjadi rumah sakit unggulan dan dapat diandalkan karena ada beberapa layanan yang tidak dimiliki semua rumah sakit. Namun, ada beberapa yang harus ditambah atau ditingkatkan, seperti pelayanan robotic yang belum dapat digunakan oleh peserta BPJS Kesehatan.
"Forum ini sangat positif dan penting. Semoga usulan yang telah kami sampaikan ini dapat segera ditindaklanjuti. Kami percaya, RSUD Koja dapat memberikan layanan kesehatan yang optimal dan berkualitas menuju kota global," tandasnya.