Transjakarta Perketat Pembinaan dan Sanksi Tegas Bagi Pramudi Mikrotrans

Senin, 18 Agustus 2025 Reporter: Aldi Geri Lumban Tobing Editor: Erikyanri Maulana 929

Transjakarta Perketat Pembinaan dan Sanksi Tegas Bagi Pramudi Mikrotrans

(Foto: Ilustrasi)

PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menegaskan komitmennya untuk meningkatkan keselamatan dan kenyamanan pelanggan dengan memperketat pembinaan serta pemberian sanksi tegas kepada pramudi Mikrotrans yang terbukti ugal-ugalan.

"Kami tidak segan memberikan sanksi tegas,"

Direktur Operasional dan Keselamatan PT Transjakarta, Daud Joseph mengatakan, layanan Mikrotrans memang menghadapi tantangan lebih besar karena beroperasi di jalan kecil yang rawan insiden. Namun, Transjakarta memastikan perilaku negatif oknum sopir tidak boleh dibiarkan meluas.

Untuk itu, Transjakarta menerapkan sistem pembinaan berjenjang, dimulai dari pembaharuan sertifikat pramudi secara berkala, pelatihan rutin, hingga refreshment perilaku agar standar pelayanan tetap terjaga.

“Jika ada pelanggaran, pramudi langsung dipanggil ke bagian binaan pramudi. Kami tidak segan memberikan sanksi tegas bila terbukti membahayakan penumpang maupun pengguna jalan lainnya,” ujar Daud, Senin (18/8).

Selain itu, armada Mikrotrans telah dilengkapi CCTV untuk memantau kinerja pramudi dan menjadi bahan evaluasi bila terjadi insiden. Transjakarta juga membuka kanal pengaduan melalui hotline 1500-102 agar masyarakat bisa melaporkan secara langsung perilaku sopir yang tidak sesuai aturan.

“Dengan kombinasi pembinaan, pengawasan teknologi, serta sanksi yang tegas, Transjakarta berupaya menciptakan layanan Mikrotrans yang lebih aman, tertib, dan berorientasi pada kenyamanan pelanggan,” katanya.

Meski kritik terhadap perilaku sebagian sopir Mikrotrans JakLingko mencuat, tidak dapat dipungkiri bahwa layanan ini tetap berperan penting sebagai transportasi penghubung bagi warga, khususnya di wilayah permukiman dan jalan kecil yang belum terjangkau angkutan umum besar.

“Keberadaan Mikrotrans membantu mobilitas masyarakat, terutama bagi mereka yang mengandalkan transportasi publik sehari-hari,” ucapnya.

Namun demikian, sambungnya, harapan publik tetap mengarah pada peningkatan kualitas layanan. Maka itu, keselamatan dan kenyamanan penumpang perlu dijaga tanpa kompromi, sekalipun layanan diberikan secara gratis.

“Di sinilah pentingnya kolaborasi antara pramudi, operator, dan pihak berwenang agar tercipta sistem yang lebih tertib, profesional, serta tetap berpihak pada masyarakat luas,” tandasnya.

BERITA TERKAIT
Transjakarta Academy Diharapkan Jadi Percontohan Corpu BUMD DKI

Transjakarta Academy Diharapkan Jadi Percontohan Corpu BUMD DKI

Senin, 28 Juli 2025 436

Transjakarta, Penghargaan, Pramudi Terbaik, Abdi Yasa Teladan 2025, Tingkat Provinsi

Transjakarta Sabet Penghargaan Pramudi Terbaik di Ajang Abdi Yasa Teladan 2025

Sabtu, 16 Agustus 2025 1288

Pimpinan Operator dan Mitra Diajak Merasakan Layanan Transjakarta

Pimpinan Operator dan Mitra Diajak Merasakan Layanan Transjakarta

Kamis, 10 Juli 2025 1841

BERITA POPULER
Kepala Badan Kesbangpol DKI Jakarta mewakili gubernur menerima Harmony Award 2025

Pemprov DKI Raih Harmony Award 2025

Jumat, 28 November 2025 622

BMKG: Cuaca Berawan Selimuti Jakarta Hari Ini

BMKG: Cuaca Berawan Selimuti Jakarta Hari Ini

Senin, 24 November 2025 2012

Wakil Direktur RSUD Budhi Asih Miliki Hoby Menari

Wakil Direktur RSUD Budhi Asih Ikut Lestarikan Budaya Lewat Menari

Senin, 24 November 2025 1211

Cuaca cerah meliputi Jakarta hari Ini, Jumat (28/11)

Cuaca Berawan Naungi Jakarta Hari Ini

Jumat, 28 November 2025 549

Pemprov DKI Raih Penghargaan Indeks Kualitas Kebijakan Unggul

Pemprov DKI Sabet Penghargaan Indeks Kualitas Kebijakan Unggul

Kamis, 27 November 2025 627

Bagikan ke :
BANG JAKI +indeks
POTRET JAKARTA +indeks
VIDEO +indeks