Selasa, 22 Juli 2025 Reporter: Anita Karyati Editor: Budhy Tristanto 319
(Foto: Anita Karyati)
Warga Pulau Pramuka, Kelurahan Pulau Panggang, Kepulauan Seribu Utara, senang bisa mengikuti pelatihan konten digital yang diadakan Rumah BUMN di Royal Mermaid, Pulau Pramuka, Senin (21/7) hingga Selasa (22/7) hari ini
.“Senang banget, kami bisa belajar promosi online,"
Neng Boni (42), peserta pelatihan warga RT 01/05 Pulau Pramuka, pelatihan ini sangat bernamnfaat bagi dirinya untuk mempromosikan usaha katering secara online.
“Senang banget, kami bisa belajar promosi online. Harapannya usaha katering saya makin dikenal, pesanan makin banyak,” ujarnya, Selasa (22/7).
Hal serupa, dikatakan Junaedah (38) warga RT 03/04 Pulau Pramuka, pelaku usaha ikan asin ini mengaku dapat pengetahuan baru dari pelatihan yang diikuti selama dua hari ini.
“Selain pembekalan materi, kami juga langsung praktik cara pengambilan foto produk. Kami butuh terus belajar supaya produk lokal bisa bersaing dan dikenal luas,” ucapnya.
Fasilitator Rumah BUMN Kepulauan Seribu, Misbahul Anam menjelaskan bahwa kegiatan ini menjadi bagian dari upaya pendampingan dan pemberdayaan UKM agar mampu bersaing di era digital. Pelatihan kali ini bertajuk Optimalisasi Sosialisasi Media Lewat Konten: Mulai dari Nol, Raih Hasil Maksimal.
“Dengan penguasaan teknik promosi melalui media sosial, para pelaku usaha diharapkan dapat memperluas jangkauan pemasaran produk mereka secara efektif,” ungkapnya.
Ia menambahkan, materi yang diberikan meliputi copywriting, promosi digital, optimalisasi akun media sosial, hingga pembuatan konten visual yang menarik dan relevan. Narasumber dalam kegiatan ini adalah Cesilia Aulia Rahma, praktisi komunikasi digital.
"Kami juga menghadirkan sesi motivasi untuk memberikan inspirasi dan dorongan semangat agar mereka terus konsisten dan adaptif terhadap perkembangan zaman," bebernya.
Sekretaris Kelurahan Pulau Panggang, Muhammad Nuralim, menyambut baik dan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Pelatihan ini juga dapat meningkatkan kapasitas pelaku UKM dalam mengelola konten digital sebagai alat promosi yang efektif.
Kedepannya, diharapkan pelaku UKM Kepulauan Seribu semakin siap menghadapi tantangan digital dan dapat tumbuh secara berkelanjutan.
“Semoga dengan ilmu yang didapat, para pelaku usaha dapat mengembangkan usaha mereka dan meningkatkan perekonomian keluarga,” tandasnya.