Pasar Tradisional di Jatinegara Terapkan Protokol Kesehatan

Reporter : Nurito | Editor : Erikyanri Maulana | Senin, 06 Juli 2020 15:12 WIB | Dibaca 562 kali
Pasar Tradisional di Jatinegara Terapkan Protokol Kesehatan (Foto : Nurito / Beritajakarta.id)

Puluhan petugas gabungan melakukan pengawasan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di tiga pasar tradisional di Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur.

"Harus saling diingatkan agar tertib dan menaati protokol kesehatan, "

Ketiga pasar tersebut masing-masing, Pasar Jatinegara, Pasar Burung Pramuka, dan Pasar Pramuka. Secara umum dari hasil pemantauan pengelola pasar, pedagang maupun pengunjung telah menerapkan protokol kesehatan pencegahan Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) seperti, menyediakan tempat cuci tangan, menyediakan bilik disinfektan, pemeriksaan suhu tubuh serta menyiagakan Posko Gugus Tugas COVID-19.

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi (Disnakertrans) dan Energi DKI Jakarta, Andri Yansyah mengatakan, dengan telah diterapkannya protokol kesehatan, pihaknya mengimbau para pedagang maupun pengunjung pasar terus meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) untuk mencegah penyebaran COVID-19 khususnya di lingkungan pasar.

"Harus saling diingatkan agar tertib dan menaati protokol kesehatan," ujar Andri Yansyah di sela-sela kegiatan Senin (6/7).

Kepala Sudin Nakertrans dan Energi Jakarta Timur, Galuh Prasiwi menambahkan, dari hasil pengawasan di Pasar Pramuka, pihaknya juga mendapati pengelola pasar, pedagang serta pengunjung telah menjalankan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

"Pengelola pasar sudah memberlakukan sistem one gate sehingga pengunjung yang datang dicek terlebih dahulu suhu tubuhnya. Kemudian mewajibkan pengunjung dan pedagang menggunakan masker serta menyediakan tempat cuci tangan," tandasnya.

TOP