Kebakaran Sampah di Ancol Berhasil Diatasi

Reporter : Budhi Firmansyah Surapati | Editor : Budhy Tristanto | Senin, 09 September 2019 14:54 WIB | Dibaca 540 kali
Kebakaran Sampah di Ancol Berhasil Diatasi (Foto : Budhi Firmansyah Surapati / Beritajakarta.id)

Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu, berhasil mengatasi kebakaran sampah di sebuah lahan di Jl Kampung Muka, RT 06/04 Kelurahan Ancol, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara.

" Kebakaran itu salah satunya dipicu gas metan hasil dari sampah yang rentan terbakar di musim kemarau ini,"

Kepala Sudin Gulkarmat Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu, Satriadi Gunawan mengatakan, banyaknya tumpukan sampah dan material yang mudah terbakar membuat proses pemadaman membutuhkan waktu cukup lama.

"Di bawahnya itu material bangunan yang mudah terbakar dan diatasnya sampah. Kemudian sumber air juga jauh," ujarnya, Senin (9/9).

Dijelaskan Satriadi, pihaknya mengerahkan tujuh unit mobil pemadam dengan kekuatan 33 orang personel dibantu satu alat berat untuk melakukan pemadaman.

"Sejak dini hari tadi, baru bisa kita atasi siang ini. Mudah-mudahan tidak ada penyalaan lagi," ujarnya.

Camat Pademangan, Mumu Mujtahid menjelaskan, kejadian kebakaran di area lahan milik salah satu perusahaan tersebut sudah berulang kali terjadi. Bahkan pihak Suku Dinas Lingkungan Hidup (LH) Jakarta Utara pun sudah berupaya menutup lahan tersebut dari pembuangan sampah.

"Kebakaran itu salah satunya dipicu gas metan hasil dari sampah yang rentan terbakar di musim kemarau ini," ucapnya.

Mumu menegaskan, akan memberikan peringatan kepada perusahaan pemilik lahan agar tidak lagi menerima pembuangan sampah di areal lahan seluas sekitar dua hektare tersebut. Selain tidak sesuai peruntukan, keberadaan sampah rentan memicu kebakaran terjadi kembali.

"Kalau memang tidak diindahkan, kita akan koordinasikan dengan Sudin LH apakah dilakukan penyegelan atau seperti apa sebagai sanksi," tandasnya.

TOP