Jaktim Raih Penghargaan Kota Layak Anak

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Widodo Bogiarto | Selasa, 11 Agustus 2015 22:17 WIB | Dibaca 3374 kali
Jaktim Raih Penghargaan Kota Layak Anak (Foto : / Beritajakarta.id)

Jakarta Timur berhasil meraih penghargaan Kota Layak Anak (KLA) dari Kementerian Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Trofi penghargaan diserahkan langsung Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Selasa (11/8). Selain Jakarta Timur, terdapat 78 kota lain yang meraih penghargaan serupa.

"Saya sangat bangga sekali. Terima kasih pada Pak Gubernur yang menggagas RPTRA sebagai sarana prasarana, tempat bermain dan edukasi anak "

Jakarta Timur menjadi satu-satunya dan kota pertama di DKI Jakarta yang mendapatkan penghargaan KLA. Padahal program ini sudah mulai dilaksanakan sejak tahun 2011 lalu. Sedangkan Jakarta Timur baru ditetapkan sebagai lokasi pelaksanaan KLA pada tahun 2013, setelah Jakarta Pusat, Jakarta Utara dan Jakarta Selata pada tahun 2011.

Walikota Jakarta Timur, Bambang Musyawardana mengatakan, pencapaian ini adalah buah perjuangan dan kerja keras seluruh SKPD/UKPD yang tergabung dalam gugus tugas KLA serta masyarakat Jakarta Timur.

"Saya sangat bangga sekali. Terima kasih pada Pak Gubernur yang menggagas RPTRA sebagai sarana prasarana, tempat bermain dan edukasi anak," kata Bambang.

Bambang menuturkan, wilayahnya terpilih karena memiliki program yang mengedepankan hak dasar anak sebagai warga negara, sebagaimana yang terdapat dalam lima klaster yakni, hak sipil dan kebebasan, lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, kesehatan dasar dan kesejahteraan, pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya, serta perlindungan khusus.

"Ada program akta kelahiran gratis bagi anak oleh Sudin Dukcapil, jumlah Bina Keluarga Balita dan Pendidikan Anak Usia Dini bertambah, penambahan ruang-ruang laktasi di seluruh kelurahan dan kecamatan, lalu memberikan. perlindungan serta dukungan kepada anak berkebutuhan khusus di panti sosial," urai Bambang.

TOP