PPSU Evakuasi Atap Kanopi Ambruk di Balekambang

Minggu, 17 Oktober 2021 19:28 Reporter : Nurito Editor : Budhy Tristanto 865

(Foto: Nurito - Beritajakarta.id)

Tujuh anggota PPSU dikerahkan untuk evakuasi atap kanopi minimarket yang ambruk di Jl Raya Condet Gang Sawo, Balekambang, Kramat Jati, Jakarta Timur, Minggu (16/10). Selain melukai seorang warga, puing material berbahan beton coran ini juga rnenimpa dua mobil dan tiga sepeda motor yang parkir di bawahnya.

Saat kejadian cuaca cerah, tidak ada angin atau hujan. 

Karena banyak tulang beton cor dari besi yang ikut ambruk, petugas PPSU harus menghancurkannya dengan palu besar. Kemudian besi dipotong menggunakan gergaji lantaran masih terkait satu sama lain.

Lurah Balekambang, Herman Triono menuturkan, dalam mengavakuasi puin reruntuhan atap ini petugas PPSU dibekali palu besar, skop, pahat, gergaji, linggis, pengki dan peralatan lainnya.

"Proses evakuasi dilakukan secara manual oleh tujuh PPSU. Kita kerahkan satu unit mobil operasional PPSU dan gerobak motor untuk pengangkutan puing ke TPS terdekat," kata Herman.

Karena proses evakuasi ini dilakukan secara manual, lanjut Herman, pihaknya menargetkan pekerjaan selesai Senin (18/10) besok.

"Kami juga akan meminta bantuan tenaga Satpol PP untuk mempercepat evakuasi," katanya.

Owi (35), seorang warga sekitar menuturkan, lima kendaraan yang rusak tertimpa puing atap kanopi ambruk ini terdiri dari dua mobil dan tiga sepeda motor.

Sementara, seorang warga yang terluka sudah dilarikan ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pengobatan.

"Saat kejadian cuaca cerah, tidak ada angin atau hujan. Mendadak atap kanopi berbahan beton cor itu ambruk," pungkas Owi.