Petugas Gabungan Bersihkan 1/2 Kilogram Ranjau Paku di Ciracas

Kamis, 14 Oktober 2021 20:39 Nurito 615

(Foto: Nurito - Beritajakarta.id)

Sebanyak setengah kilogram ranjau paku, berhasil diamankan petugas gabungan yang dalam operasi sapu bersih di kawasan Jl Raya Bogor, Jl TB Simatupang dan Jl Supriyadi, Ciracas, Jakarta Timur, Kamis (14/10).

Saat ini seluruh benda tersebut diamankan di kantor kecamatan

Kasatpol PP Kecamatan Ciracas, Endharwanto mengatakan, setengah kilogram ranjau yang berhasil diamankan itu berupa paku, potongan baut, seng, ring baut dan potongan kecil besi tulangan payung. Benda tajam yang dapat membuat ban kendaraan kempis ini banyak ditemukan di kawasan Flyover Pasar Rebo.

"Hasil operasi sapu bersih ranjau paku hari ini, kurang lebih setengah kilogram. Saat ini seluruh benda tersebut diamankan di kantor kecamatan dan rencananya akan dimusnahkan," papar Endharwanto.

Dengan adanya temuan ini, kata Endhar, tim gabungan akan rutin melaksanakan patroli pengawasan dan pengendalian di lapangan, khususnya di jalur-jalur protokol.

Disebutkan, dalam melakukan operasi ranjau paku, pihaknya menyapu jalanan menggunakan besi sembrani atau magnet yang dipasang di kayu sepanjang satu meter. Besi sembrani ini diletakkan di aspal jalan dan ditarik menggunakan kayu sepanjang jalan. Setelah ranjau menempel di besi sembrani, langsung dimasukkan ke dalam kantong plastik.

Kegiatan ini melibatkan 15 personel Satpol PP, 10 PPSU, lima petugas Sudin Perhubungan, lima aparat Polsek Ciracas, dua petugas Koramil, lima personel Sudin Lingkungan Hidup dan dua anggota FKDM.