KONI DKI Tegaskan Belum Ada Kebijakan Karantina Atlet Usai Kembali dari Papua

Senin, 11 Oktober 2021 14:25 Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing Editor : Erikyanri Maulana 573

(Foto: Aldi Geri Lumban Tobing - Beritajakarta.id)

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi DKI Jakarta menegaskan hingga saat ini belum ada kebijakan karantina bagi atlet dan ofisial yang kembali dari Papua usai mengikuti PON XX.

Kami lakukan penyambutan sebaik mungkin setiap kontingen DKI Jakarta yang kembali dari Papua

Wakil Ketua Umum 4 KONI DKI Jakarta, Mas'ud Saleh mengatakan, seluruh atlet yang akan kembali ke Jakarta sudah menjalani swab PCR serta skrining Malaria sebelum melakukan penerbangan dari Papua.

"Saya menegaskan, sejauh ini belum ada kebijakan karantina setibanya atlet di Jakarta. Sehingga, saya minta semua atlet dan ofisial tetap bisa tenang dan fokus pada pertandingan," ujarnya, Senin (11/10).

Mas'ud menjelaskan, karena adanya disinformasi tersebut ada sejumlah atlet yang tidak kembali ke Jakarta melalui Bandara Soekarno-Hatta atau mengenakan identitas sebagai atlet. Padahal, KONI DKI Jakarta sudah menyiapkan penyambutan.

Ia menambahkan, untuk atlet DKI Jakarta yang terpapar COVID-19 di PON XX telah menjalani karantina dan perawatan sampai dinyatakan negatif COVID-19.

"Kalau sudah negatif, mereka baru boleh kembali ke Jakarta. Selain itu, setelah adanya temuan tersebut juga sudah dilakukan penelusuran kontak dan tes PCR," katanya.

Mas'ud meminta, seluruh atlet dan ofisial bisa kembali ke Jakarta sesuai dengan mekanisme yang telah dibuat KONI.

"Kami lakukan penyambutan sebaik mungkin setiap kontingen DKI Jakarta yang kembali dari Papua. Ini menjadi salah satu bentuk apresiasi kami atas perjuangan mereka," tandasnya.