Wali Kota Jaktim Resmikan Layanan Unit Donor Darah 24 Jam

Jumat, 13 Agustus 2021 17:06 Reporter : Nurito Editor : Budhy Tristanto 721

(Foto: Nurito - Beritajakarta.id)

Wali Kota Jakarta Timur, Muhammad Anwar, meresmikan layanan unit donor darah di Markas Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Jakarta Timur, Jumat (13/8). Dengan dibukanya layanan ini maka warga dapat mendonorkan darahnya setiap saat.

Kita berharap warga yang berjumlah 3 juta lebih ini bisa menyumbangkan darahnya ke PMI Jakarta Timur

Anwar mengatakan, layanan donor darah 24 jam ini sangat penting. Mengingat kebutuhan darah sangat tinggi bagi warganya. Apalagi di wilayah tersebut banyak rumah sakit yang beroperasi 24 jam. Sehingga diperlukan peran serta masyarakat untuk memenuhi kebutuhan darah.

"Dengan dibukanya layanan unit donor darah 24 jam ini, kita berharap warga yang berjumlah 3 juta lebih ini bisa menyumbangkan darahnya ke PMI Jakarta Timur," kata Anwar.

Ketua PMI Jakarta Timur, HR Krisdianto menambahkan, dengan dibukanya unit layanan donor darah 24 jam ini diharapkan jumlah pendonor bisa meningkat sehingga dapat membantu pasien yang membutuhkan tranfusi darah.  

"Animo masyarakat untuk donor darah cukup tinggi. Selama ini mereka bingung dimana harus mendonorkan darahnya. Namun sekarang sudah tidak bingung lagi karena kita buka unit layanam donor darah 24 jam," kata Krisdianto.

Menurutnya, saat ini begitu banyak darah dibutuhkan oleh warga yang tengah berada di rumah sakit. Total ada 39 rumah sakit yang beroperasi 24 jam di Jakarta Timur.

"Bayangkan kalau pasien di 39 rumah sakit itu membutuhkan darah semua dan kita tidak punya layanan darah 24 jam. Maka begitu repotnya kita melayani warga. Dengan adanya unit ini sangat membantu warga," pungkas Krisdianto.