Yuk Vaksin di Sentra Vaksin Ketahanan Bangsa IKAL Lemhanas

Jumat, 30 Juli 2021 14:16 Wuri Setyaningsih 733

(Foto: Wuri Setyaningsih - Beritajakarta.id)

Untuk membantu pemerintah dalam memenuhi capaian target vaksinasi COVID-19, Ikatan Keluarga Alumni (IKAL) Lemhanas Komprov DKI Jakarta akan menyelenggarakan vaksinasi gratis, Sabtu (31/7) besok mulai pukul 09.00-16.00 WIB. Kegiatan itu akan dihelat di Kampung Wisata Binaan IKAL Lemhanas Komprov DKI Jakarta, Petak Enam, Jalan Pancoran Nomor 43, Glodok, Taman Sari, Jakarta Barat.

Vaksinasi ini gratis dan berlaku untuk warga usia 18 tahun ke atas dan KTP seluruh Indonesia

Ketua IKAL Lemhanas Komprov DKI Jakarta, Sylviana Murni mengatakan, selain mendukung program pemerintah, kegiatan Vaksinasi COVID-19 untuk Ketahanan Bangsa tersebut juga merupakan bentuk kepedulian IKAL Lemhanas dalam penanganan COVID-19.

"Vaksinasi ini gratis dan berlaku untuk warga usia 18 tahun ke atas dan KTP seluruh Indonesia. Kami menargetkan 1.000 peserta dalam vaksinasi ini," ujar Sylvi, Jumat (30/7).

Dikatakan Sylvi, Petak Enam dipilih sebagai lokasi vaksinasi lantaran lokasi tersebut merupakan kampung wisata binaan IKAL Lemhanas Komprov DKI Jakarta.

Menurutnya, untuk mengikuti vaksinasi ini, warga cukup membawa KTP asli/fotokopi dan alat tulis pulpen. Sedangkan untuk pendaftaran, warga bisa mengisi from skrining https://bit.ly/vaksin1IkalDKI.

Adapun jenis vaksin yang digunakan yakni SINOVAC. Pada saat pelaksanaan, peserta diminta hadir sesuai tanggal dan 30 menit sebelum jam yang telah ditentukan untuk menghindari kerumunan.

Dia menambahkan, untuk mendukung kegiatan vaksinasi, pihaknya menggandeng Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI yang akan mengerahkan 60 tenaga kesehatan (nakes) dalam kegiatan tersebut.

"Nantinya warga yang telah mendapatkan vaksin akan kami berikan paket sembako. Untuk menghindari kerumunan kami juga telah mengatur jadwal vaksinasi serta bekerja sama dengan tiga pilar untuk pengamanannya," jelas Sylvi.

Ia berharap, dengan percepatan vaksinasi maka kekebalan kelompok atau herd immunity akan tercapai sehingga diharapkan bisa mengurangi risiko paparan COVID-19.

"Harapan kami semua sehat, imunitasnya meningkat dan pandemi ini dapat segera berakhir," tandasnya.