Mobil Dinas Lurah Lubang Buaya Dialihfungsikan jadi Ambulans COVID-19

Selasa, 13 Juli 2021 08:57 Nurito 578

(Foto: Nurito - Beritajakarta.id)

Mobil dinas lurah Lubang Buaya, Cipayung, Jakarta Timur, sejak 3 Juli lalu dirubah fungsinya menjadi ambulans pembawa pasien dan jenazah COVID-19. 


Ini sangat efektif membantu warga yang butuh ambulans

Lurah Lubang Buaya, Dede Syaipulah mengatakan, sejak awal diberlakukannya PPKM Darurat pada 3 Juli lalu, pihaknya mengalihfungsikan sementara kendaraan dinasnya menjadi ambulans. Dua jok penumpang di belakang dilepas dan alasnya dipasangi valet. Antara pengemudi dan penumpamg diberikan penyekat transparan, agar tidak ada interaksi dan udara yang bercampur.



"Karena tingginya kebutuhan ambulans setiap hari, kita inisiatif alihfungsikan sementara kendaraan dinas menjadi ambulans. Ini sangat efektif membantu warga yang butuh ambulans di tengah tingginya kasus aktif COVID-19 di Ibu Kota," kata Dede, Selasa (13/7).



Menurutnya, sejak 3 Juli lalu hingga sekarang, tercatat sudah 20 jenazah dan 15 pasien COVID yang sudah diangkut menggunakan mobil tersebut.



Dia menambahkan, penjemputan jenazah tidak hanya dari rumah duka ke sejumlah tempat pemakaman umum (TPU) namun juga terkadang dari rumah sakit. Terutama saat ambulans rumah sakit sedang padat dan tidak ada di tempat karena sedang dioperasikan.



Disebutkan, yang mengoperasikan ambulans ini setiap harinya adalah para pengurus RT/RW dari 12 RW. Karena setiap hari mereka piket secara bergilir di Posko PPKM Kelurahan.



Dede mengungkapkan, saat ini Posko PPKM di wilayahnya juga telah diperkuat dengan lima relawan dokter dari warga sekitar yang berprofesi sebagai dokter.



"Setiap saat, mereka membantu penanganan medis terhadap warga sakit dengan sukarela," tandasnya.