Tanggul dan Turap Ambrol di Kali Baru Sudah Diperbaiki Sementara

Reporter : Nurito | Editor : Budhy Tristanto | Rabu, 20 Januari 2021 15:36 WIB | Dibaca 640 kali
Tanggul dan Turap Ambrol di Kali Baru Sudah Diperbaiki Sementara (Foto : Nurito / Beritajakarta.id)

Turap dan tanggul Kali Baru yang ambrol di RT 05/01 Kelurahan Tengah, Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (20/1), sudah selesai diperbaiki untuk sementara, sambil menunggu penanganan secara teknis oleh Sudin Sumber Daya Air (SDA).

" Sambil menunggu penanganan secara teknis dari Sudin SDA"

Lurah Tengah, Tarmiji mengatakan, penanganan awal dilakukan 30 personel Satgas SDA bersama petugas PPSU dengan memasang dolken dan menyusun ratusan karung pasir yang berfungsi sebagai tanggul sementara agar air tidak meluap ke permukiman warga sekitar lokasi.

"Ini sifatnya sementara, sambil menunggu penanganan secara teknis dari Sudin SDA. Karena kalau kita biarkan, air bisa meluber ke permukiman warga yang posisinya lebih rendah dari Kalibaru," kata Tarmiji.

Kasatpel SDA Kecamatan Kramat Jati, Muchlis menambahkan, panjang turap dan tanggul longsor ini sekitar 60 meter. Namun untuk perbaikan permanen agar tidak terjadi longsor susulan, pihaknya mengusulkan ke Sudin SDA Jakarta Timur agar volume yang diperbaiki diperpanjang hingga 270 meter dengan ketinggian tiga meter.

Menurutnya, konstruksi turap dan tanggul ini sudah keropos karena termakan usia. Sehingga air kali sering merembes dari celah-celah tanggul dan turap yang terkikis hingga berlubang.

"Konstruksinya memang sudah puluhan tahun, sehingga banyak yang terkikis dan berlubang. Makanya kita usulkan agar dilakukan perbaikan permanen sepanjang 270 meter dan tinggi tiga meter," beber Muchlis.

Sementara, Ketua RW 01 Kelurahan Tengah, Suparman mengungkapkan, selama ini air Kali Baru yang meninggi saat hujan kerap merembes dan menggenangi sekitar 200 rumah warga yang berada di wilayah RT 01, 10 dan 02. Genangan yang ditimbulkan bisa sampai setinggi 60 sentimeter.

"Setelah penanganan awal ini selesai, kita berharap Sudin SDA cepat mengerjakan secara permanen. Agar ke depan tidak terjadi longsor terus dengan lokasi berpindah-pindah," tandasnya.

TOP