Dinas PPKUKM DKI Beri Pelatihan Jakpreneur Sistem Pemasaran Online

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Rio Sandiputra | Rabu, 04 November 2020 12:32 WIB | Dibaca 826 kali
Dinas PPKUKM DKI Beri Pelatihan Jakpreneur Sistem Pemasaran Online (Foto : Aldi Geri Lumban Tobing / Beritajakarta.id)

Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil Menengah (PPKUKM) DKI Jakarta bersama dengan salah satu marketplace mengadakan pelatihan pemasaran online secara daring.

" Berdasarkan data, terjadi peningkatan belanja online sekitar 98 persen"

Plh Kepala Bidang Perindustrian Dinas PPKUKM DKI Jakarta, Jackson Dianrus Sitorus mengatakan, pelatihan ini sebagai persiapan bazar online Jakpreneur Expo kolaborasi dengan Shopee pada 16-20 November 2020 mendatang. Sekitar 200 peserta yang merupakan UMKM binaan atau Jakpreneur multiproduk seperti, kuliner, kerajinan, dan fesyen ikut dalam pelatihan.

"Berdasarkan data, terjadi peningkatan belanja online sekitar 98 persen. Artinya, di masa pandemi ini masyarakat cenderung beralih ke belanja online ketimbang offline. Kami melatih dan mengajar para Jakpreneur untuk menangkap pasar online," ungkap Jackson, Rabu (4/11).

Jakcson merinci, materi yang diberikan yakni, pengaturan akun, profil, alamat, rekening bank, mengunggah (upload) produk, pengaturan jasa kirim, dan pendaftaran program gratis ongkos kirim (ongkir).

Dia menambahkan, selain mendorong Jakpreneur merambah pasar atau berjualan online, pelatihan ini memberikan trik supaya produknya dikenal luas masyarakat.

"Banyak binaan Jakpreneur yang sudah tahu teknologi tapi belum tahu cara-caranya untuk memasarkan produknya secara online, itu yang kami fasilitasi," tandas Jackson.

TOP