Pemkot Jakbar Usulkan Naturalisasi Sembilan Waduk

Reporter : Folmer | Editor : Budhy Tristanto | Senin, 15 Oktober 2018 11:33 WIB | Dibaca 1575 kali
Pemkot Jakbar Usulkan Naturalisasi Sembilan Waduk (Foto : / Beritajakarta.id)

Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Barat telah mengajukan usulan kegiatan naturalisasi sembil waduk yang tersebar di delapan wilayah kecamatan. Kesembilan waduk tersebut yaitu, Waduk Tomang, Rawa Kepa, Hankam 1 dan 2, Grogol, Wijaya Kusuma, Bojong, Hutan Kota Srengseng, serta Waduk Peternakan.

"Nantinya warga di sekitar lokasi dapat memanfaatkan waduk untuk berolahraga dan berwisata. "

Kasudin Sumber Daya Air Jakarta Barat, Imron mengatakan, program naturalisasi bertujuan agar waduk di Jakarta Barat nantinya bisa digunakan sebagai taman interaksi dan olahraga warga, selain sebagai wadah penampungan air.

"Nantinya warga di sekitar lokasi dapat memanfaatkan waduk untuk berolahraga dan berwisata. Nanti akan dibangun jogging track dan tempat bermain. Kami sudah mengajukan usulan kegiatan naturalisasi sembilan waduk ini," ujarnya, Senin (15/10).

Ia mengungkapkan, pijaknya juga telah melakukan pengerukan tiga dari sembilan waduk di Jakarta Barat yakni di Kapuk Peternakan dan Wijayakusuma, serta Hutan Srengseng.

"Pengerukan sedimen lumpur untuk mengantisipasi agar air waduk tidak meluap dan menggenangi pemukiman warga.  Pengerukan waduk hingga saat ini masih terus berjalan secara bertahap," tandasnya.

TOP