Sabtu, 11 Oktober 2025 Reporter: Aldi Geri Lumban Tobing Editor: Erikyanri Maulana 443
(Foto: Istimewa)
Jakarta kembali menunjukkan komitmennya dalam memperkuat promosi pariwisata di tingkat nasional maupun internasional.
"menjadikan Jakarta sebagai kota global,"
Kali ini, komitmen tersebut ditunjukkan melalui partisipasi pada Wonderful Indonesia Tourism Fair (WITF) dan Southeast Asia Business Events Forum (SEABEF) 2025 di Nusantara International Convention Exhibition (NICE-PIK2), Tangerang pada 9 – 12 Oktober 2025.
Kegiatan berskala internasional ini mengusung tema ‘Connecting Business, Discovering Experiences’. WITF yang diinisiasi oleh Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) dengan dukungan Kementerian Pariwisata. Acara ini menghadirkan tradeshow Business to Business (B2B) yang mempertemukan 200 international buyers dengan lebih dari 250 sellers industri pariwisata nasional.
Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Provinsi DKI Jakarta, Andhika Permata mengatakan, partisipasi Jakarta dalam WITF dan SEABEF 2025 merupakan langkah strategis untuk memperkuat posisi Jakarta sebagai destinasi pariwisata dan ekonomi kreatif berkelas dunia.
“Kami berharap keikutsertaan para seller yang kami fasilitasi dapat membuka lebih banyak peluang kerja sama, memperluas pasar, dan pada akhirnya berkontribusi pada peningkatan kunjungan wisatawan nasional maupun mancanegara ke Jakarta. Inilah wujud nyata komitmen kami menjadikan Jakarta sebagai kota global yang modern, kreatif, dan berbudaya,” ujar Andhika, Sabtu (11/10).
Dikatakan Andhika, pada kesempatan ini, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta hadir membawa misi memperkuat citra Jakarta sebagai kota global yang modern, kreatif, dan berbudaya.
“Kehadiran para seller ini diharapkan dapat membuka peluang kerja sama baru, memperluas pasar, serta memperkenalkan keberagaman produk wisata dan layanan pariwisata Jakarta kepada
buyers internasional,” katanya.Andhika menambahkan, keikutsertaan Jakarta dalam WITF & SEABEF 2025 pada akhirnya bukan hanya sekadar pameran, melainkan bagian dari strategi besar dalam membangun ekosistem pariwisata yang inklusif, berdaya saing tinggi, serta berkelanjutan.
“Melalui promosi yang terarah, kolaborasi lintas sektor, dan penguatan citra Jakarta di mata dunia, diharapkan target peningkatan pergerakan wisatawan tahun 2025 dapat tercapai sekaligus memberi dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi kota dan kesejahteraan masyarakat,” tandasnya.
Sebagai langkah nyata mendukung promosi destinasi pariwisata dan industri kreatif Jakarta, Disparekraf memfasilitasi keikutsertaan 12 seller Jakarta dalam WITF 2025, yaitu:
1. Nusa Ina Leisure
2. Satguru Travel and Tours
3. Aldo Holiday & Convex
4. Arfaka Tour and Travel
5. 3i APH MICE 6. Watashi Outdoor Indonesia
7. ONEASIA Tours Indonesia
8. PT Jelajah Tujuhbelas Ribu
9. Novotel Jakarta Pulomas
10. CakraMahira Bespoke Travel
11. Cipta Tour Jakarta
12. Swiss Belinn Wahid Hasyim.