833 Pelaku UKM di Jakut Direkomendasi Terima Relaksasi Izin Usaha

Reporter : Budhi Firmansyah Surapati | Editor : Budhy Tristanto | Rabu, 08 Juli 2020 20:54 WIB | Dibaca 627 kali
833 Pelaku UKM di Jakut Direkomendasi Terima Relaksasi Izin Usaha (Foto : Budhi Firmansyah Surapati / Beritajakarta.id)

Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah Kota Administrasi Jakarta Utara merekomendasikan 833 pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memperoleh relaksasi Izin Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (IUMKM). 

"Kami sudah mengirim dokumen sebanyak 833 pelaku UMKM di Jakarta Utara kepada Dinas PMPTSP DKI Jakarta "

Kepala Suku Dinas Kepala Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah Kota Administrasi Jakarta Utara Yati Sudiharti mengatakan, ratusan pelaku usaha itu telah direkomendasikan untuk mendapatkan IUMKM kepada Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) DKI Jakarta.

"Kami sudah mengirim dokumen sebanyak 833 pelaku UMKM di Jakarta Utara kepada Dinas PMPTSP DKI Jakarta," katanya, Rabu (8/7).

Dijelaskan Yati, pengumpulan dokumen berupa Foto Copy Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Surat Permohonan, pas foto, dan foto lokasi usaha, dilakukan secara kolektif melalui tim pendamping JakPreneur di enam kecamatan.

Dipastikan Yati, jumlah rekomendasi itu berpotensi mengalami penambahan dan dipastikan akan dilanjutkan oleh masing-masing pendamping untuk diproses ke Dinas PMPTSP DKI Jakarta. 

Terkait kebijakan relaksasi ini, diterangkan Yati, Dinas PMPTSP melalui tim Antar Jemput Izin Bermotor (Ajib) Kelurahan atau Kecamatan akan mendatangi pelaku UMKM sesuai data yang dikirimkan sebelumnya. Tim Ajib akan menilai kelaikan pelaku UMKM untuk mendapatkan IUMK sesuai dengan jenis usaha yang dilakukannya selama ini. 

"Sebelum ada kebijakan ini, kami yang bermohon dan mengirim data ke Dinas PMPTSP melalui aplikasi Jak Evo. Kalau sekarang kami hanya mengirim data usulan saja," tandasnya.

TOP