Dinsos DKI Peringati Hari Penyandang Disabilitas Internasional

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Toni Riyanto | Senin, 16 Desember 2019 15:09 WIB | Dibaca 512 kali
Dinsos DKI Peringati Hari Penyandang Disabilitas Internasional (Foto : Aldi Geri Lumban Tobing / Beritajakarta.id)

Dinas Sosial (Dinsos) DKI Jakarta mengadakan serangkaian kegiatan memperingati Hari Disabilitas Internasional di Gelanggang Remaja Jakarta Timur, Jalan Otto Iskandardinata Raya.

"Kami juga ingin meningkatkan kepedulian dan pemahaman masyarakat terhadap penyandang disabilitas, "

Kehgiatan yang mengangkat tema "Indonesia Inklusi, Disabilitas Unggul" tersebut diikuti sebanyak 500 penyandang disabilitas dari lima wilayah DKI Jakarta.

Adapun acara ini diisi dengan talk show dan lomba-lomba kegiatan apresiasi kreativitas disabilitas.

Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta, Irmansyah mengatakan, kegiatan ini bertujuan membantu para penyandang disabilitas untuk melakukan aktualisasi diri serta melihat dan mengukur potensi dan kemampuan yang dimiliki oleh penyandang disabilitas.

"Kami juga ingin meningkatkan kepedulian dan pemahaman masyarakat terhadap penyandang disabilitas, serta menghapus stigma negatif tentang penyandang disabilitas," ujarnya, Senin (16/12).

Irmansyah menjelaskan, lomba-lomba kegiatan apresiasi kreativitas disabilitas di antaranya, menyanyi perorangan, menari perorangan, stand up comedy perorangan, melukis perorangan, dan menari beregu bagi penyandang disabilitas.

Sedangkan, materi talk show yakni Implementasi Undang Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas dikaitkan dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing instansi.

"Dalam kegiatan ini kami juga memberikan penghargaan bagi atlet pelajar disabilitas berprestasi pada multi event olahraga disabilitas tingkat nasional Peparpenas Tahun 2019," terangnya.

Ia berharap, melalui kegiatan ini diharapkan Jakarta dapat menjadi kota yang semakin ramah disabilitas dan para penyandang disabilitas dapat diterima dan diakui hak-haknya.

"Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dapat mewujudkan aksesibilitas pada bangunan dan fasilitas yang ada di Provinsi DKI Jakarta," tandasnya.

TOP