60 Personel Gulkarmat Ikuti Diklat CSSR

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Toni Riyanto | Rabu, 06 November 2019 14:26 WIB | Dibaca 879 kali
60 Personel Gulkarmat Ikuti Diklat CSSR (Foto : Aldi Geri Lumban Tobing / Beritajakarta.id)

Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta mengadakan Diklat Collapsed Structure Search and Rescue (CSSR) di Pusdiklat Ciracas, Jakarta Timur. Diklat tersebut diikuti 60 peserta.

"Penyelamatan pada kejadian bangunan runtuh, "

Kepala Pusdiklat Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta, Edy Rudiyanto mengatakan, diklat diikuti peserta perwakilan dari seluruh Sudin Gulkarmat di lima wilayah kota mulai 4-15 November 2019  dengan durasi 100 jam pelajaran.

"Diklat ini dititikberatkan kepada manajemen operasi penyelamatan pada kejadian bangunan runtuh berikut pengelolaan insinden secara tersistem atau incident command system atau ICS," ujarnya, Rabu (6/11).

Edy menjelaskan, materi yang diberikan pada diklat ini berupa teori dan praktik seperti mengorganisasikan dan memulai operasi CSSR; bahan bangunan, struktur, dan jenis kerusakan; triage bangunan dan sistem penandaan INSARAG; keselamatan operasi; peralatan, alat, dan aksesori.

"Adapun materi lainnya yakni teknik mencari dan menentukan lokasi korban, mengangkat dan menstabilkan beban, teknik dan strategi penyelamatan, metode penyanggaan, serta pre-hospital treatment," terangnya.

Ia menambahkan, bobot pemberian materi pada diklat ini 60 persen teori dan 40 persen praktik.

"Kami berharap melalui diklat ini dapat meningkatkan kompetensi personel Dinas Gulkarmat dalam penanganan musibah bangunan runtuh," tandasnya.

TOP