Pemkot Jaksel Tinjau Kondisi Jembatan di Srengseng Sawah

Reporter : Rezki Apriliya Iskandar | Editor : Andry | Senin, 23 September 2019 17:49 WIB | Dibaca 803 kali
Pemkot Jaksel Tinjau Kondisi Jembatan di Srengseng Sawah (Foto : Rezki Apriliya Iskandar / Beritajakarta.id)

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Selatan hari ini meninjau kondisi jembatan gantung yang menghubungkan wilayah RT 11/02, Srengseng Sawah, Jagakarsa dengan RT 05/07, Pasir Gunung Selatan, Cimanggis, Depok, Jawa Barat.

" "

Rencananya jembatan penghubung dua wilayah yang berada di atas Kali Ciliwung ini akan dibangun ulang karena telah berkondisi tidak layak dan membahayakan.

"Kami bersama tim dari Kelurahan Pasir Gunung Selatan Kota Depok, BBWSCC meninjau jembatan yang dibangun warga ini. Menurut cerita, jembatan ini dibangun tahun 80-an. Kondisinya sudah sangat tidak layak digunakan warga," ucap Sayid Ali, Kepala Bagian Penataan Kota dan Lingkungan Hidup (PKLH) Jakarta Selatan, di lokasi, Senin (23/9).

Sayid menjelaskan, saat ini pihaknya masih dalam tahap peninjauan lapangan. Tahap berikutnya, pihaknya menunggu rekomendasi teknis dari BBWSCC terkait kepastian pembangunan jembatan di lokasi.

"Hari ini kami baru meninjau.  Sekarang masih kajian awal. Belum ada keputusan pastinya seperti apa. Karena ini juga menyangkut dua wilayah," katanya.

Menurut Sayid, jembatan yang memiliki panjang sekitar 30-40 meter ini sudah tidak layak digunakan. Selain telah dimakan zaman, jembatan di lokasi juga hanya dibangun menggunakan bambu dan seng sebagai alas untuk pejalan kaki. Sementara penyangga di sisi kanan dan kiri jembatan mengandalkan tali yang dikaitkan ke pohon.

"Jembatan ini tidak layak dari sisi keselamatan. Kita takut kalau dibiarkan seperti ini akan ada hal yang tidak diinginkan," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pemerintahan Kelurahan Pasir Gunung Selatan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, Teguh Prayitno menyambut positif rencana pembangunan jembatan ini.

"Kami tunggu rekomendasinya seperti apa. Prosesnya masih panjang karena berada di wilayah Jakarta dan Depok," tandasnya.

TOP