Ruang Yankes di Kantor Walkot Jaktim Pindah ke Lantai Dasar

Reporter : Nurito | Editor : F. Ekodhanto Purba | Kamis, 05 September 2019 13:40 WIB | Dibaca 369 kali
Ruang Yankes di Kantor Walkot Jaktim Pindah ke Lantai Dasar (Foto : Nurito / Beritajakarta.id)

Untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan pada pegawai dan masyarakat, kini di Kantor Wali Kota Jakarta Timur tengah dibangun ruang pelayanan kesehatan (Yankes).

" Yankes yang kita bangun ini nantinya tidak hanya melayani pegawai tapi juga bisa melayani warga sekitar yang ingin berobat,"

Kepala Bagian Umum Kota Jakarta, Panangaran Ritonga mengatakan, sebelumnya Yankes ini berada di lantai tiga, kemudian saat ini dipindahkan oleh pihaknya ke lantai dasar gedung Blok A. Pemindahan ruangan Yankes tersebut dilakukan agar banyak masyarakat dan pegawai yang bisa memanfaatkan layanan kesehatan tersebut. 

“Yankes yang kita bangun ini nantinya tidak hanya melayani pegawai tapi juga bisa melayani warga sekitar yang ingin berobat,” kata Ritonga, Kamis (5/9).

Ia menjelaskan, Ruangan yang digunakan ini merupakan bekas ruang Posko Penanggulangan Bencana Jakarta Timur. Sedangkan posko tersebut nantinya dipindah ke ruang bekas Posko Pemilu.

Disebutkan, penyediaan ruangan Yankes ini anggarannya menyatu dengan rehab ruangan di lantai 1, 5, 6 dan 7 sebesar Rp 12 miliar. Rehab dilakukan karena kondisi ruangan sudah tidak layak.

Ke depan Yankes ini akan memiliki beberapa fasilitas, seperti ruang laktasi, loket penerimaan/pendaftaran, Poliklinik Gigi, Poliklinik Umum, apotek, gudang obat, gudang alat-alat kesehatan dan ruang pegawai. Di sini juga akan disiapkan ruang penindakan seperti yang ada di Instalasi Gawat Darurat (IGD).

"Pembangunan ruangan Yankes ini baru berjalan sekitar dua minggu dan pekerjaan ditarget rampung pada awal November mendatang," tandasnya.

TOP