Jakpus Adakan Pekan Daerah Kontak Tani Nelayan Andalan

Reporter : Rezki Apriliya Iskandar | Editor : Andry | Rabu, 26 Juni 2019 17:33 WIB | Dibaca 599 kali
Jakpus Adakan Pekan Daerah Kontak Tani Nelayan Andalan (Foto : Rezki Apriliya Iskandar / Beritajakarta.id)

Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Pusat menggelar Pekan Daerah Kontak Tani Nelayan Andalan (PEDA KTNA) selama dua hari, tepatnya mulai hari ini hingga Kamis (27/6) di kantor wali kota setempat.

"Tujuan forum ini untuk membangkitkan semangat dan kemandirian petani dan nelayan, "

Kepala Sudin KPKP Jakarta Pusat, Bayu Sari Hastuti mengatakan, kegiatan yang dihelat setiap tiga tahun sekali ini merupakan forum pertemuan dan sarana belajar-mengajar, tukar-menukar informasi tentang pengalaman antar petani, nelayan, penyuluh, peneliti, swasta, dan pemerintah.

"Tujuan forum ini untuk membangkitkan semangat dan kemandirian petani dan nelayan sebagai pelaku pertanian, peternakan dan perikanan," ujarnya di lokasi, Rabu (26/6).

Bayu menambahkan, PEDA KTNA juga bertujuan meningkatkan motivasi dan kegairahan petani, nelayan dan masyarakat serta pelaku agribisnis dalam pembangunan sistem agribisnis yang berdaya saing dan berkelanjutan melalui kemitraan saling menguntungkan.

"Kegiatan ini diikuti peserta berjumlah 75 orang. Mereka terdiri dari para petani, penyuluh dan satuan pelaksana," jelasnya.

Ia menyebutkan, dalam PEDA KTNA kali ini, pihaknya menggelar beragam kegiatan. Antara lain pelatihan mengukir buah-buahan, pameran produk pangan pertanian dan perikanan dari delapan kecamatan di Jakarta Pusat.

Kegiatan akan dilanjutkan dengan senam bersama, lomba cerdas-cermat, memipil jagung kering, mengupas kelapa, memilih jenis kelamin ikan lele dan anak ayam, membuat fillet daging ikan nila serta mengukir buah.

"Dari PEDA KTNA tingkat Jakarta Pusat ini akan dicari yang paling berpotensi untuk maju ke tingkat provinsi. Termasuk para pemenang setiap lomba. Mereka diseleksi lagi untuk maju ke tingkat nasional yang akan dilaksanakan di Padang tahun depan," tandasnya.

TOP