Jelang HUT Kota Jakarta Jadi Berkah Perajin Ondel-ondel

Reporter : Maulana Khamal Macharani | Editor : Toni Riyanto | Jumat, 10 Mei 2019 07:00 WIB | Dibaca 2289 kali
Jelang HUT Kota Jakarta Jadi Berkah Perajin Ondel-ondel (Foto : Maulana Khamal Macharani / Beritajakarta.id)

Jelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-492 Kota Jakarta mendatangkan berkah tersendiri bagi perajin Ondel-ondel.

" Sudah ada pesanan delapan pasang,"

Salah satunya di kawasan yang dikenal sebagai Kampung Ondel-ondel, Jalan Kembang Pacar, RT 10/03, Kelurahan Kramat, Senen, Jakarta Pusat.

Pembina sekaligus perajin Ondel-ondel setempat, Mul (51) mengatakan, saat ini Ondel-ondel sebagai ikon Jakarta mulai banyak dipesan berkaitan dengan peringatan HUT Jakarta pada 22 Juni mendatang.

"Sudah menjadi rutinitas, jelang HUT Jakarta permintaan meningkat drastis. Saat ini saya sudah ada pesanan delapan pasang Ondel-ondel berukuran 2,5 meter," ujarnya, Jumat (10/5).

Mul menjelaskan, untuk sepasang Ondel-ondel berukuran 2,5 meter biasa dijual seharga Rp 5 juta karena biaya produksinya juga tidak sedikit.

"Saya menggunakan bahan-bahan berkualitas, untuk sepasang Ondel-ondel modalnya saja bisa mencapai sekitar Rp 4 juta," terangnya.

Sementara, salah seorang perajin Ondel-ondel dari sanggar Irama Betawi, Muhammad Waldi (24) menuturkan, saat ini pemesanan Ondel-ondel cukup tinggi lantaran adanya perhatian lebih dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta di bidang kesenian dan kebudayaan Betawi.

"Saya bersyukur, Hampir setiap tiga bulan sekali, pesanan ondel-ondel untuk pajangan tidak pernah putus meski hanya satu pasang," ungkapnya.

Ia menambahkan, dirinya dan komunitas pemuda di Kampung Ondel-ondel juga terus melakukan inovasi maupun terobosan untuk melestarikan dan lebih mengembangkan Ondel-ondel.

"Kami membuat Ondel-ondel mini dengan memanfaatkan botol air mineral. Ondel-ondel mini biasa dijual sebagai suvenir," tandasnya.

TOP