PSN di Kelurahan Cikini Digencarkan

Reporter : Maulana Khamal Macharani | Editor : Toni Riyanto | Jumat, 15 Februari 2019 14:48 WIB | Dibaca 719 kali
PSN di Kelurahan Cikini Digencarkan (Foto : Maulana Khamal Macharani / Beritajakarta.id)

Kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) terus digencarkan di wilayah Kelurahan Cikini, Menteng, Jakarta Pusat. Kali ini, PSN difokuskan di wilayah RW 01.

"P ro aktif menjadi jumatik mandiri"

Lurah Cikini, Ati Mediana mengatakan, kegiatan PSN melibatkan petugas juru pemantau jentik (jumantik), kader PKK, hingga petugas dari Puskesmas Cikini.

"Melalui PSN ini kita ingin terus mencegah berkembangbiaknya nyamuk aedes aigypti penyebab Demam Berdarah Dengue atau DBD. Alhamudilillah, sejak awal tahun ini belum ada warga yang terkena DBD," ujarnya, Jumat (15/2).

Ati menjelaskan, dalam kegiatan PSN tersebut dilakukan pemeriksaan tempat-tempat penampungan air untuk memastikan ada tidaknya jentik nyamuk.

"Tadi, kami menemukan ada jentik nyamuk di salah satu kolam rumah warga. Sebagai salah satu solusi pencegahan nyamuk berkembang biak, kami langsung menebar ikan di kolam itu," terangnya.

Ia menambahkan, dalam kegiatan PSN tersebut juga dilakukan sosialisasi agar warga terbiasa melakukan 3M plus yakni, Menguras, Mengubur dan Menutup ditambah dengan pemeliharaan ikan pemakan nyamuk serta menanam tumbuhan pengusir nyamuk.

"Untuk mencegah menjangkitnya DBD kami secara berkala rutin melakukan PSN. Tapi, kami juga mengajak warga untuk ikut pro aktif menjadi jumatik mandiri," tandasnya.

Untuk diketahui, upaya untuk menekan kasus DBD di DKI Jakarta, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah menerbitkan Instruksi Gubernur Nomor 7 Tahun 2019 tentang Penanganan Peningkatan Kasus Demam Berdarah Dengue ( DBD).

TOP