133 Warga Cipinang Muara Terlayani dalam Operasi Binduk

Reporter : Nurito | Editor : Rio Sandiputra | Kamis, 06 September 2018 13:09 WIB | Dibaca 639 kali
(Foto : Nurito / Beritajakarta.id)

Sebanyak 133 warga Kelurahan Cipinang Muara, Jatinegara, Jakarta Timur, menikmati layanan bina kependudukan (Binduk) yang digelar di Aula Serba Guna, Jalan Catur Tunggal RT 14/01 Cipinang Muara, Jatinegara, Jakarta Timur.

" Layanan binduk yang kita berikan tidak hanya untuk pendatang namun juga warga DKI"

Kepala Seksi Data Informasi dan Pengawasan Sudin Kependudukan dan Pencatatan (Dukcapil) Jakarta Timur, Budi Mulyaningsih mengatakan, kegiatan Binduk pada Rabu malam digelar di RT 05, 06, 07, 12, 13, 14 RW 01 Cipinang Muara. Sasarannya kali ini tidak hanya warga pendatang, namun juga warga DKI. Sebab pihaknya juga menyiaipkan alat perekaman e KTP.

"Layanan binduk yang kita berikan tidak hanya untuk pendatang namun juga warga DKI. Bahkan perekaman dan pendistribusian e KTP serta akta lahir jumlahnya sangat banyak, tidak seperti biasanya," kata Budi Mulyaningsih, Kamis (6/9).

Menurutnya, dari 133 warga ini, 80 warga di antaranya mendapatkan layanan Surat Keterangan Domisili Sementara (SKDS). Kemudian mendapatkan layanan akta lahir 16 orang, perekaman e KTP 17 orang dan 20 warga lainnya mendapatkan e KTP.

"Khusus untuk pembuatan akta lahir, data kita terima di layanan binduk kemudian diproses di kantor Sudin. Jika sudah selesai akan diterbitkan dan diberikan  ke warga langsung," tandasnya.

Layanan binduk ini melibatkan 87 petugas gabungan. Yakni Sudin Dukcapil, Satpol PP, Sudin Sosial, Kelurahan, Kecamatan dan unit lainnya.