70 Pelajar Diajarkan Cara Memanen Padi

Reporter : Nurito | Editor : Toni Riyanto | Rabu, 01 Agustus 2018 12:51 WIB | Dibaca 564 kali
(Foto : Nurito / Beritajakarta.id)

Sebanyak 32 pelajar dari SD Negeri Ujung Menteng 04 dan 38 peserta didik di SMP Negeri 193 Cakung diberikan pelajaran luar kelas. Mereka diajarkan cara memanen padi langsung di area persawahan milik UPT Pusat Pengembangan Benih dan Proteksi Tanaman Dinas KPKP DKI Jakarta di Jl Tambun Rengas, Kelurahan Ujung Menteng, Cakung, Jakarta Timur.

"Selama ini kebanyakan pelajar hanya mengetahui beras dan nasi "

Pantauan beritajakarta.id, dengan dipandu sejumlah petugas dan guru, para pelajar yang mengenakan seragam pramuka tersebut tampak antusias memanen padi menggunakan sabit.

Kepala SD Negeri Ujung Menteng 04, Pomi Zamaludin mengatakan, selain diberikan edukasi tentang cara memanen, para pelajar yang mengikuti kegiatan ini juga diberikan pemahaman tentang cara menanam padi.

"Selama ini kebanyakan pelajar hanya mengetahui beras dan nasi, tanpa mengenal bagaimana prosesnya hingga menjadi beras atau nasi," ujarnya, Rabu (1/8).

Pomi berharap, kegiatan ini bisa dilakukan secara berkelanjutan untuk peserta didik lain di sekolahnya. Pasalnya, kegiatan ini juga sejalan dengan program Sekolah Adiwiyata yakni, sekolah yang mengedapankan lingkungan dan penghijauan.

"Tidak hanya sekadar teori, tapi para siswa bisa langsung praktek cara bercocok tanam hingga memanen," terangnya.

Sementara, Kepala UPT Pusat Pengembangan Benih dan Proteksi Tanaman Dinas KPKP DKI, Ali Nurdin menuturkan, dari total luas 3 hektare, lahan yang ditanami padi mencapai 2 hektare. Tiap satu hektare biasanya bisa mengahasilkan hingga 6 ton gabah kering giling.

"Hasil panen digunakan untuk pembenihan yang diberikan gratis kepada masyarakat maupun sekolah yang ingin menanam padi," tandasnya.