Petugas Pemeriksa Hewan Kurban di Jakut Mulai Disebar

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Nani Suherni | Jumat, 09 September 2016 14:28 WIB | Dibaca 1917 kali
(Foto : Aldi Geri Lumban Tobing / Beritajakarta.id)

Sebanyak 131 petugas pemeriksa kesehatan hewan akan disebar ke tempat penampungan hewan kurban di Jakarta Utara mulai Jumat (9/9) hingga H+3 perayaan Idul Adha.

" Ini kaitannya dengan bagaimana memastikan dan menjamin kesehatan hewannya sendiri, dan masyarakat sendiri yang mengonsumsi daging kurban"

Petugas ini terdiri dari 58 petugas teknis Suku Dinas Kelautan, Pertanian, dan Ketahanan Pangan (KPKP) Jakarta Utara, 16 petugas teknis Dinas KPKP DKI Jakarta, lima orang dari Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PHDI), dan 57 mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan IPB.

Wali Kota Jakarta Utara, Wahyu Haryadi mengatakan, pemeriksaan hewan dan daging kurban oleh petugas di lapangan merupakan upaya untuk memberikan jaminan kepada warga bahwa hewan yang akan dikonsumsi benar-benar sehat dan sesuai kriteria.

"Ini kaitannya dengan bagaimana memastikan dan menjamin kesehatan hewannya sendiri, dan masyarakat sendiri yang mengonsumsi daging kurban," ucap Wahyu saat melepas 131 petugas teknis pemeriksa hewan kurban.

Ditambahkan Wahyu, petugas juga akan memberikan bimbingan dan pengawasan pada saat penyembelihan maupun pendistribusian daging kepada masyarakat. Tujuannya, untuk menjamin kehigienisan daging. Tidak menutup kemungkinan, walaupun kondisinya sehat tapi dipotong salah akibatnya kurang baik.

"Hewan kurban yang sudah disembelih jangan sampai menimbulkan penyakit hanya karena tidak higienis dalam penyembelihannya, Pengemasannya juga harus higienis," tandas Wahyu.

Bersamaan dengan itu, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara juga akan memberikan perlengkapan pendukung ke 12 masjid di Jakarta Utara, seperti terpal, alas, kantong plastik, timbangan, pisau daging, dan peralatan kebersihan.