UKM Binaan Pamerkan Produk di International TEI

Reporter : Andry | Editor : Lopi Kasim | Rabu, 21 Oktober 2015 15:55 WIB | Dibaca 2188 kali
(Foto : Andry / Beritajakarta.id)

Sebanyak 14 Usaha Kecil Menengah (UKM) binaan Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan (KUMKMP) DKI Jakarta mengikuti pameran internasional Trade Expo Indonesia (TEI) ke-30 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat.  Pameran yang dibuka Presiden RI, Joko Widodo tersebut digelar selama lima hari, 21-25 Oktober mendatang.

"Event ini banyak dikunjungi buyer (pembeli) dari puluhan negara. Sehingga produk UKM kita akan semakin dikenal di dalam maupun di luar negeri "

‎"Kami mengerahkan belasan UKM binaan untuk memamerkan aneka produk seperti furnitur, batik, tas, sepatu, permata, kopi, kerajinan tangan dan lainnya," kata Irwandi, Kepala Dinas KUMKMP DKI Jakarta, Rabu (21/10).

‎Dikatakan Irwandi, TEI merupakan pameran berkelas internasional yang diikuti para UKM dari 38 negara. Karena itu, ajang ini dijadikan momentum untuk mengenalkan produk UKM unggulan dari DKI di mata dunia.

"Event ini banyak dikunjungi buyer (pembeli) dari puluhan negara. Sehingga produk UKM kita akan semakin dikenal di dalam maupun di luar negeri," tuturnya.

Menurut Irwandi, 14 UKM binaan DKI yang ikut serta dalam pameran ‎ini telah memiliki banyak pengalaman melakukan ekspor barang ke luar negeri. Para pelaku UKM itu awalnya memulai bisnis dari usaha kecil yang kemudian dibina Pemprov DKI menjadi lebih besar.

‎"Setelah kami bina, jaringan pasar mereka makin luas lewat pameran-pameran di tingkat provinsi, nasional hingga internasional," ujarnya.

Ditambahkan Irwandi, 14 UKM binaan ini berasal dari lima wilayah kota administrasi Jakarta. Mereka dipilih menjadi peserta pameran ini setelah melalui proses seleksi.

‎"Kita pilih UKM yang berpengalaman dan sering ekspor barang k‎e luar negeri. Produk-produk UKM mereka ini paling banyak diekspor ke Eropa," tandasnya.