PKL Monas Brutal, Kawasan Lenggang Jakarta Dirusak

Reporter : Jhon Syah Putra Kaban | Editor : Dunih | Sabtu, 20 Juni 2015 21:22 WIB | Dibaca 164740 kali
(Foto : Jhon Syah Putra Kaban / Beritajakarta.id)

Ratusan pedagang kaki lima (PKL) kembali melakukan penyerangan kepada sejumlah personel Satpol PP yang berjaga di Pintu Timur Monas. Tak hanya itu, PKL juga melakukan perusakan fasilitas berjualan di kawasan kuliner Lenggang Jakarta.

" Penyerangan kepada petugas ini sangat serius, apalagi sudah melakukan perusakan"

Dari informasi yang dihimpun diketahui aksi penyerangan mulai dilakukan saat personel Satpol PP sedang buka puasa, sekitar jam 19.00 malam di kawasan Pintu Timur Monas. Ratusan PKL tiba-tiba datang menyerang dengan menggunakan senjata tajam dan balok kayu.

PKL yang makin garang kemudian membakar tenda security Monas. Petugas yang berjaga hanya bisa menyelamatkan diri saat kendaraan operasional mereka dirusak. Akibatnya, bagian depan mobil operasional mengalami rusak berat pada bagian kaca.

Tak puas sampai di situ, ratusan PKL langsung bergerak ke kawasan Lenggang Jakarta di lapangan eks-IRTI Monas. Bangku dan meja yang berada di lokasi diobrak-abrik PKL sehingga pengunjung berlarian untuk menyelamatkan diri karena takut terkena senjata tajam milik PKL.

"Petugas di lapangan tiba-tiba diserang dan dilempari batu. Petugas segera kita tarik mundur," ujar Sugianto, Kepala Seksi Operasional Satpol PP DKI Jakarta, Sabtu (20/6).

Ia menyebutkan, sebanyak 6 motor yang sedang terparkir di kawasan Monas Timur juga ikut dirusak oleh PKL. Saat ini petugas kepolisian sudah terjun ke lapangan untuk melakukan pengamanan.

"Penyerangan kepada petugas ini sangat serius, apalagi sudah melakukan perusakan. Kita akan koordinasikan untuk tindakan selanjutnya," tandasnya.