Pembangunan Saluran di RW 03 Rawabunga Ditarget Rampung Desember

Jumat, 26 November 2021 11:16 Reporter : Nurito Editor : Budhy Tristanto 1767

(Foto: Nurito - Beritajakarta.id)

Pembangunan saluran air sepanjang 214 meter di Jl Bekasi Timur I RW 03 Rawabunga, Jatinegara, yang dilakukan sejak awal November lalu, ditargetkan selesai tiga pekan ke depan atau sekitar pertengahan Desember nanti.

Yang sudah selesai dikerjakan sekitar 65 meter

Koordinator Satgas SDA Kecamatan Jatinegara, Tamrizal mengatakan, pembangunan saluran ini dilakukan 12 personel pasukan biru dengan melebarkan saluran yang awalnya hanya 20 sentimeter menjadi 60 sentimeter. Pelebaran saluran ini agar bisa menampung debit air lebih banyak saat musim hujan sehingga bisa meminimalisir terjadinya genangan di wilayah tersebut.

"Dari total panjang saluran 214 meter, yang sudah selesai dikerjakan sekitar 65 meter. Atau persentasenya sekitar 55 persen. Kita targetkan rampung dalam tiga pekan ke depan," kata Tamrizal, Jumat (26/11).

Proses pembuatan saluran ini, jelas Tamrizal, dilakukan secara manual dengan menggunakan sistem cor di tempat. Setelah kering, langsung ditutup menggunakan beton. Namun disiapkan juga bak kontrolnya untuk memudahkan perawatan.

Menurut Tamrizal, akses lokasi yang sempit menjadi kendala utama petugas dalam pembuatan saluran air ini. Sehingga, material yang digunakan harus ditampung di pinggir Jl Raya Bekasi Timur dan diangkut ke lokasi menggunakan gerobak.

"Pembuatan saluran ini menindaklanjuti usulan warga melalui Musrenbang," pungkasnya.