Dinas PPAPP-TP PKK Beri Pelatihan Optimalisasi Pos SAPA

Senin, 01 November 2021 Reporter: Aldi Geri Lumban Tobing Editor: Toni Riyanto 2687

Dinas PPAPP - TP PKK Latih Ribuan Pengelola RPTRA 2

(Foto: Aldi Geri Lumban Tobing)

Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) berkolaborasi dengan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi DKI Jakarta memberikan pelatihan bagi seluruh pengelola Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) dan Kader Pokja 1 PKK yang ada di setiap kelurahan terkait optimalisasi Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) dan Pusat Informasi dan Konsultasi (PIK) Keluarga menjadi Pos Sahabat Perempuan dan Anak (SAPA).

Kemampuan atau kapabilitas menerima laporan

Pelatihan yang dibagi dalam enam gelombang hingga 3 November 2021 ini diikuti sebanyak 2.205 peserta. Adapun narasumber yang memberikan materi yakni, Dinas PPAPP DKI Jakarta, Unit PPA Polda Metro Jaya, Komnas Perempuan, Kementerian Komunikasi dan Informasi, unsur TP PKK Provinsi DKI Jakarta dan tenaga profesional.

Kepala Dinas PPAPP DKI Jakarta, Tuty Kusumawati mengatakan, materi yang diberikan pada pelatihan tersebut seperti, kebijakan maupun program perlindungan terhadap perempuan dan anak. Kemudian, dari Polda Metro Jaya memberikan materi terkait dengan aspek hukum, lalu Komnas Perempuan terkait penanganan kasus kekerasan terhadap perempuan.

"Untuk materi dari TP PKK selain terkait sinergitas dan kolaborasi antara PKK dengan RPTRA, juga mengenai teknik konseling dan kaitan ketahanan keluarga dengan kekerasan. Kami ingin pengelola RPTRA dan Pokja 1 PKK di Pos SAPA memiliki kemampuan atau kapabilitas menerima laporan, mendengarkan laporan dan menindaklanjuti laporan kepada UPT P2TP2A," ujarnya, Senin (1/11).

Tuty menjelaskan, hadirnya Pos SAPA di seluruh RPTRA ini akan akan mendekatkan layanan kepada masyarakat. Sehingga, semakin mudah dijangkau dan mendorong masyarakat untuk berani melapor apabila melihat, mendengar atau mengalami tindak kekerasan.

"Selama ini berdasarkan data terbanyak laporan kekerasan dari 19 pos SAPA eksisting yang ada di RPTRA sekitar 60 persen. Keberadaan Pos SAPA di RPTRA strategis dan efektif karena berada di tengah-tengah masyarakat. Untuk itu, kompetensi sumber daya manusianya kita tingkatkan melalui pelatihan ini," tandasnya.

Untuk diketahui, Pos SAPA yang ada di seluruh RPTRA di Jakarta dapat menjadi rujukan awal yang bisa dimanfaatkan oleh keluarga di sekitar RPTRA untuk mendapatkan pelayanan komunikasi, informasi dan edukasi terkait kekerasan.

Melalui Pos Sapa ini fungsi RPTRA juga akan berkembang sebagai sarana edukasi, rujukan awal serta tempat konsultasi masyarakat untuk mengatasi berbagai persoalan kehidupan terutama bagi perempuan dan anak.

BERITA TERKAIT
Fungsi RPTRA Dioptimalkan Dengan Keberadaan Pos SAPA

Dinas PPAPP Optimalkan Fungsi RPTRA Melalui Pos SAPA

Rabu, 20 Oktober 2021 5239

Keberadaan Pos SAPA di RPTRA Dinilai Sangat Penting

Keberadaan Pos SAPA di RPTRA Dinilai Sangat Penting

Rabu, 18 Agustus 2021 3160

Dinas PPAPP Operasikan Pos SAPA di 10 Perguruan Tinggi

Dinas PPAPP Operasikan Pos SAPA di 10 Perguruan Tinggi

Senin, 14 Desember 2020 3887

BERITA POPULER
Awan tebal menggelayut di langit Jakarta

BPBD Ingatkan Cuaca Ekstrem Beberapa Hari ke Depan

Kamis, 11 September 2025 3038

Website Produk RW Dinas Dukcapil Hadirkan Data Kependudukan

Website ‘Produk RW’ Hadirkan Data Kependudukan Hingga Tingkat RT

Jumat, 12 September 2025 2687

Rano Karno memberikan kata sambutan pada pembukaan Canisius Expo 2025

Rano Karno: Budaya Bisa Jadi Kekuatan Persatuan Jakarta

Sabtu, 13 September 2025 2327

Gubernur DKI Jakarta, Pramono Anung menyampaikan komitmen Pemerintah

Pramono Minta Pekerjaan Galian Terkoordinasi

Kamis, 11 September 2025 2929

Acara Launching MPP Digital dan Diseminasi Penyampaian LKPM

UP PM-PTSP Duren Sawit Luncurkan MPP Digital

Kamis, 11 September 2025 2789

Bagikan ke :
BANG JAKI +indeks
POTRET JAKARTA +indeks
VIDEO +indeks