Dinas PPAPP-TP PKK Beri Pelatihan Optimalisasi Pos SAPA

Senin, 01 November 2021 Reporter: Aldi Geri Lumban Tobing Editor: Toni Riyanto 2734

Dinas PPAPP - TP PKK Latih Ribuan Pengelola RPTRA 2

(Foto: Aldi Geri Lumban Tobing)

Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) berkolaborasi dengan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi DKI Jakarta memberikan pelatihan bagi seluruh pengelola Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) dan Kader Pokja 1 PKK yang ada di setiap kelurahan terkait optimalisasi Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) dan Pusat Informasi dan Konsultasi (PIK) Keluarga menjadi Pos Sahabat Perempuan dan Anak (SAPA).

Kemampuan atau kapabilitas menerima laporan

Pelatihan yang dibagi dalam enam gelombang hingga 3 November 2021 ini diikuti sebanyak 2.205 peserta. Adapun narasumber yang memberikan materi yakni, Dinas PPAPP DKI Jakarta, Unit PPA Polda Metro Jaya, Komnas Perempuan, Kementerian Komunikasi dan Informasi, unsur TP PKK Provinsi DKI Jakarta dan tenaga profesional.

Kepala Dinas PPAPP DKI Jakarta, Tuty Kusumawati mengatakan, materi yang diberikan pada pelatihan tersebut seperti, kebijakan maupun program perlindungan terhadap perempuan dan anak. Kemudian, dari Polda Metro Jaya memberikan materi terkait dengan aspek hukum, lalu Komnas Perempuan terkait penanganan kasus kekerasan terhadap perempuan.

"Untuk materi dari TP PKK selain terkait sinergitas dan kolaborasi antara PKK dengan RPTRA, juga mengenai teknik konseling dan kaitan ketahanan keluarga dengan kekerasan. Kami ingin pengelola RPTRA dan Pokja 1 PKK di Pos SAPA memiliki kemampuan atau kapabilitas menerima laporan, mendengarkan laporan dan menindaklanjuti laporan kepada UPT P2TP2A," ujarnya, Senin (1/11).

Tuty menjelaskan, hadirnya Pos SAPA di seluruh RPTRA ini akan akan mendekatkan layanan kepada masyarakat. Sehingga, semakin mudah dijangkau dan mendorong masyarakat untuk berani melapor apabila melihat, mendengar atau mengalami tindak kekerasan.

"Selama ini berdasarkan data terbanyak laporan kekerasan dari 19 pos SAPA eksisting yang ada di RPTRA sekitar 60 persen. Keberadaan Pos SAPA di RPTRA strategis dan efektif karena berada di tengah-tengah masyarakat. Untuk itu, kompetensi sumber daya manusianya kita tingkatkan melalui pelatihan ini," tandasnya.

Untuk diketahui, Pos SAPA yang ada di seluruh RPTRA di Jakarta dapat menjadi rujukan awal yang bisa dimanfaatkan oleh keluarga di sekitar RPTRA untuk mendapatkan pelayanan komunikasi, informasi dan edukasi terkait kekerasan.

Melalui Pos Sapa ini fungsi RPTRA juga akan berkembang sebagai sarana edukasi, rujukan awal serta tempat konsultasi masyarakat untuk mengatasi berbagai persoalan kehidupan terutama bagi perempuan dan anak.

BERITA TERKAIT
Fungsi RPTRA Dioptimalkan Dengan Keberadaan Pos SAPA

Dinas PPAPP Optimalkan Fungsi RPTRA Melalui Pos SAPA

Rabu, 20 Oktober 2021 5337

Keberadaan Pos SAPA di RPTRA Dinilai Sangat Penting

Keberadaan Pos SAPA di RPTRA Dinilai Sangat Penting

Rabu, 18 Agustus 2021 3264

Dinas PPAPP Operasikan Pos SAPA di 10 Perguruan Tinggi

Dinas PPAPP Operasikan Pos SAPA di 10 Perguruan Tinggi

Senin, 14 Desember 2020 4000

BERITA POPULER
Petugas memadamkan kebakaran rumah di Pondok Pinang

Kebakaran di Pondok Pinang Diduga Dipicu Korsleting

Minggu, 02 November 2025 1237

Ketua DPRD Dukung Relaksasi Pajak untuk Jaga Daya Beli Warga

Ketua DPRD Dukung Relaksasi Pajak untuk Jaga Daya Beli Warga

Minggu, 02 November 2025 1114

Seorang penumpang melakukan tap in di Halte Transjakarta Rawamangun

Pramono Minta Transjakarta Tingkatkan Layanan Sistem Pembayaran

Kamis, 30 Oktober 2025 1624

Saluran Air di Jalan Darmawangsa IV Direvitalisasi

Saluran Air di Jalan Darmawangsa IV Direvitalisasi

Rabu, 29 Oktober 2025 1466

Sejumlah kendaraan melintas saat cuaca hujan di pagi hari

Waspada, Hujan Deras Berpotensi Guyur Jakarta Pagi dan Siang Hari

Minggu, 02 November 2025 861

Bagikan ke :
BANG JAKI +indeks
POTRET JAKARTA +indeks
VIDEO +indeks