30 PJLP Terlatih Dinas LH Siap Tangani Sampah di Medan Tersulit

Selasa, 19 Oktober 2021 13:37 Reporter : Nurito Editor : Budhy Tristanto 501

(Foto: Nurito - Beritajakarta.id)

UPK Badan Air Dinas Lingkungan Hidup (Dinas LH) DKI Jakarta, saat ini memiliki 30 tenaga PJLP yang telah dilatih secara khusus dalam penanganan sampah secara ekstrim.

Mereka telah dilatih Dinas Gulkarmat 

Kepala Dinas LH DKI, Asep Kuswanto mengatakan, 30 PJLP yang telah dilatih panjat tebing oleh Dinas Gulkarmat DKI ini disiapkan untuk penanganan sampah dalam cuaca dan medan yang sulit saat terjadi banjir.

"Mereka telah dilatih Dinas Gulkarmat untuk penanganan sampah dalam cuaca dan medan yang sulit saat terjadi banjir," kata Asep, Selasa (19/10).

Dingkapkan Asep, petugas PJLP ini akan menangani sampah ukuran besar yang menyumbat pintu air, seperti batang pohon ukuran besar, kasur, meja, lemari dan lainnya. Mereka akan turun menggunakan tali dan memotong-motong sampah ukuran besar itu menggunakan gergaji mesin. Hal ini dilakukan agar proses pembersihan dan pengangkutannya lebih mudah.

"Kami selalu mengimbau masyarakat untuk tidak membuang sampah ke kali, karena sangat mengganggu sistem aliran air dan bisa memicu terjadinya banjir," tandas Asep.