Antisipasi Musim Penghujan, Dinas LH DKI Gelar Apel Siaga Banjir

Selasa, 19 Oktober 2021 11:12 Reporter : Nurito Editor : Budhy Tristanto 602

(Foto: Nurito - Beritajakarta.id)

Sekitar 200 personel Satgas dan ASN mengikuti apel siaga banjir di halaman kantor Dinas Lingkungan Hidup DKI, Selasa (19/10). Apel yang dipimpin oleh Kepala Dinas LH DKI, Asep Kuswanto.

Gubernur telah menginstruksikan seluruh jajaran untuk siap, siaga dan galang

Menurut Asep, apel dilakukan dalam menyikapi peringatan dini BMKG soal adanya ancaman badai La Nina yang berpotensi menimbulkan banjir. Diprediksi awal musim penghujan mulai terjadi pada Oktober ini dan akan terus meningkat pada November, Desember hingga Januari.

Dalam apel ini, dirinya mengecek peralatan dan armada untuk penanganan sampah. Mulai dari crane bertonase 90 ton, truk sampah, alat berat, hingga sepeda motor tril.

"Gubernur telah menginstruksikan seluruh jajaran untuk siap, siaga dan galang. Maka kita harus lakukan tiga hal itu dan diharapkan dapat meningkatkan kualitas SDM nya dalam menghadapi sampah di wilayah DKI," kata Asep.

Dalam kesempatan ini, dia meminta pada seluruh aparaturnya agar mengecek ulang dan pastikan semua armada dalam kondisi laik pakai. Sehingga saat penanganan di lapangan tidak menemui kendala.

Dia juga mengingatkan agar seluruh satpel kecamatan untuk meningkatkan koordinasi dan sinergi, serta saling bantu dalam kesiapan armada dalam penanganan sampah saat musim penghujan.  

"Saya akan keluarkan SK dalam menanggulangi masalah ini. Sehingga satpel bisa leluasa membantu wilayah lain dalam menghadapi situasi kegawatdaruratan banjir," tandas Asep.