Anggota Karang Taruna Munjul Ikut Pelatihan Pembuatan Ondel Ondel

Minggu, 17 Oktober 2021 13:00 Reporter : Nurito Editor : Budhy Tristanto 622

(Foto: Nurito - Beritajakarta.id)

Sebanyak 30 anggota karang taruna dari delapan RW di Kelurahan Munjul, Cipayung, Jakarta Timur, ikut pelatihan pembuatan ondel-ondel di gedung SKKT kelurahan, Minggu (17/10).

Selain dapat menciptakan nilai ekonomi juga melestarikan budaya khas Betawi

Camat Cipayung, Panangaran Ritonga mengatakan, pelatihan ini sangat bermanfaat bagi peserta. Karena selain dapat menciptakan kemampuan berwirausaha membuat ondel-ondel juga turut melestarikan budaya khas Betawi.

"Peserta pelatihan ini memiliki dua keuntungan sekaligus. Selain dapat menciptakan nilai ekonomi juga melestarikan budaya khas Betawi," kata Ritonga.

Menurutnya, semua peserta diyakini memahami tentang ondel-ondel tersebut. Karena sudah menjadi ikon budaya khas Betawi.

Lurah Munjul, Sumarjono menambahkan, kegiatan pelatihan ini melbatkan pengrajin ondel-ondel Setu Babakan, Jakarta Selatan. Yakni Saeful, Ade dan Riky.

"Dua tahun karang taruna vakum karena masa pandemi. Sekarang mulai diaktifkan kembali kegiatan pelatihan. Apalagi ada gedung SKKT yang bisa dimanfaatkan untuk kegiatan masyarakat," kata Sumarjono.

Hal senada diutarakan Ketua Karang Taruna Kelurahan Munjul, Muhammad Syamsuri Siddiq. Dia mengatakan, pelatihan ini dapat menambah pengalaman baru bagi angoota karang taruna untuk berwirausaha.

Sebelumnya, kata Siddiq, anggota karang taruna ini juga sudah memiliki usaha kerajinan tangan berbahan dasar kayu. Seperti pembuatan Asbak, Vas Bunga, nomor rumah, hiasan dinding dan lainnya.

"Kita berharap dari pelatihan ini dapat menambah ilmu baru untuk berwirausaha. Untuk pemasaran kita kolaborasi dengan TP PKK, Dharma Wanita Persatuan atau instansi lainnya," pungkas Siddiq.