Warga RW 02 Kelurahan Baru Dilatih Tangani Kebakaran

Minggu, 19 September 2021 16:17 Nurito 584

(Foto: Nurito - Beritajakarta.id)

Sebanyak 20 warga yang terdiri dari pengurus RT, karang taruna dan kader dasawisma di RW 02 Kelurahan Baru, Pasarebo, mendapat pelatihan penanggulangan kebakaran dari jajaran Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur, Minggu (19/9).

Redkar ini merupakan ujung tombak pencegahan dan penanggulangan kebakaran di lingkungan

Kasudin Gulkarmat Jakarta Timur, Muchtar Zakaria mengatakan, pelatihan ini dalam rangka pembentukan Sistem Keselamatan Kebakaran Lingkungan (SKKL) di wilayah tersebut. Warga yang mendapat pelatihan ini merupakan anggota relawan kebakaran (Redkar) yang tergabung dalam SKKL tersebut.

"Redkar ini merupakan ujung tombak pencegahan dan penanggulangan kebakaran di lingkungan masyarakat," kata Muchtar.

Muchtar berharap, 20 anggota Redkar ini siap membantu masyarakat dalam upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran di wilayahnya. Sehingga saat terjadi kebakaran, api tidak membesar dan melebar.

Kasi Pencegahan Sudin Gulkarmat Jakarta Timur, Edi Parwoko menambahkan, pembentukan SKKL dan pelatihan anggota Redkar ini melibatkan enam personel. Mereka memberikan materi berupa pengenalan perilaku api, pencegahan dan penanggulangan kebakaran serta penyelamatan.

"Selain teori, mereka dilatih melakukan pemadaman api menggunakan media handuk basah dan alat pemadam api ringan (Apar)," tandasnya.