Hujan Tak Halangi Warga Ikut Vaksinasi di RPTRA Utakara

Selasa, 14 September 2021 11:49 Nurito 765

(Foto: Nurito - Beritajakarta.id)

Hujan yang mengguyur Jakarta, Selasa (14/9), tidak menghalangi keinginan warga untuk ikut vaksinasi di RPTRA Utakara, Utan Kayu Utara, Matraman, Jakarta Timur. Malah, mereka sudah antre di lokasi sejak pukul 06.30.  

Targetnya setiap hari 350 warga divaksin dosis pertama atau kedua

Lurah Utan Kayu Utara, Kadarusman Sutama mengatakan, layanan vaksinasi di RPTRA Utakara ini digelar sejak Senin (13/9) kemarin dan akan berakhir hingga 100 persen warga tervaksin. Setiap hari ditargetkan 350 warga usia 18 tahun ke atas hingga lansia divaksin di lokasi ini. Adapun vaksin yang digunakan yaitu Sinovac dan Astra Zeneca.  

"Targetnya setiap hari 350 warga divaksin dosis pertama atau kedua," tuturnya, Selasa (14/9).  

Menurutnya, warga yang menikmati layanan vaksinasi di RPTRA Utakara ini bukan hanya dari Kecamatan Matraman, namun juga dari wilayah lain. Termasuk warga ber-KTP non DKI juga tetap dilayani.  

"Tenaga kesehatan yang dikerahkan ada 15 orang. Mereka berasal dari Puskesmas Kelurahan  UKU dan Kayumanis. Setiap hari, nakes yang bertugas berganti-ganti," kata Kadarusman.

Untuk mendukung kegiatan vaksinasi ini, lanjut Kadarusman, pihaknya mengerahkan kader PKK dan dasawisma serta pengelola RPTRA membantu bagian pendaftaran dan input data. Selain itu, ada pula anggota Satpol PP, PPSU dan FKDM guna membantu keamanan dan kelancaran antrean warga.

"Setiap tiga hari lokasi disemprot disinfektan oleh petugas Gulkarmat Jakarta Timur," bebernya.

Sementara, salah seorang pengelola RPTRA Utakara, Risti menambahkan, pihaknya menerjunkan tiga anggota untuk membantu mengatur akses keluar masuk warga ke lokasi vaksin.

"Warga sudah datang ke lokasi sejak pagi. Kami tetap terapkan protokol kesehatan secara ketat demi kenyamanan dan keamanan bersama," pungkasnya.