Kader TP PKK Kota Jaktim Panen Samhong

Jumat, 10 September 2021 15:02 Nurito 449

(Foto: Nurito - Beritajakarta.id)

Kader TP PKK Kota Jakarta Timur, Jumat (10/9), memanen sayur mayur jenis Samhong yang ditanam secara hidroponik menggunakan media tanam pot di salah satu sudut halaman kantor wali kota.

Hasil panen hari ini dari media tanam hidroponik ada sekitar lima kilogram sayur Samhong. 

Proses panen dilakukan dengan cara sederhana. Seluruh sayur yang kondisinya sudah siap panen, langsung dicabut dari media tanam pipa hidroponik. Kemudian dikumpulkan di atas nampan untuk dibersihkan.

Ketua TP PKK Kota Jakarta Timur, Diah Anwar mengatakan, sayur mayur jenis Samhong ini ditanam selama 28 hari. Penanaman dilakukan oleh kader TP PKK secara rutin dan jenis sayur yang ditanam selalu berganti-ganti, mulai dari Casim, Sawi, Kangkung, Bayam Merah, Bayam Hijau dan sebagainya.

“Hasil panen hari ini dari media tanam hidroponik ada sekitar lima kilogram sayur Samhong. Sayur ini ditanam dalam waktu sekitar 28 hari. Setelah panen kita akan tanam untuk jenis sayuran lainnya,” kata Diah.

Menurutnya, aktivitas urban farming dengan media tanam hidroponik di halaman kantor wali kota ini untuk edukasi kepada warga sekaligus mengajak mereka untuk mencoba bercocok tanam di lingkungannya masing-masing.

"Lahan sempit bukan kendala untuk melakukan penghijauan, karena media tanam bisa dilakukan menggunakan pipa," tandasnya.