Tokoh Silat Betawi Anwar Al Batawi Tutup Usia

Senin, 26 Juli 2021 15:59 Aldi Geri Lumban Tobing 1261

(Foto: Istimewa - Beritajakarta.id)

Innalillahi wa innailaihi rajiun, Ketua Umum Asosiasi Silat Tradisi Betawi Indonesia (Astrabi), Anwar Al Batawi meninggal dunia. Anwar Al Batawi yang juga menjabat sebagai Sekjen DPP Forkabi wafat di RSUP Fatmawati dalam usia 53 tahun setelah sempat berjuang melawan COVID-19.

baik hati dan ringan tangan

Wakil Ketua Bidang Penelitian dan Pengembangan Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB), Yahya Andi Saputra menyampaikan duka yang mendalam atas kepergian sahabatnya yang juga menjabat sebagai Ketua Bidang Pagelaran dan Budaya Kreatif LKB.

"Almarhum sempat dirawat di RSUP Fatmawati sekitar 20 hari. Jenazah dimakamkan di TPU Malaka, Grogol Selatan, Jakarta Selatan. Saya sangat sedih dan sangat tidak membayangkan belasan kawan saya wafat setelah terpapar COVID-19 dalam seminggu ini," ungkapnya, Senin (26/7).

Yahya mengaku sempat berkomunikasi dengan almarhum sebulan lalu membahas berbagai hal di antaranya tentang silat, Forkabi, Bamus Betawi dan Nahdlatul Ulama (NU).

"Dalam keseharian dan sebagai rekan kerja almarhum sangat peka pada semua keadaan, rendah hati, baik hati, ringan tangan dan terbuka," ucapnya.

Tidak kalah penting, lanjut Yahya, semasa hidupnya almarhum sangat mendedikasikan diri pada perkembangan seni dan budaya Betawi, khususnya silat.

"Sejarah akan mencatat kepedulian dan perhatian almarhum terhadap seni dan budaya Betawi. Semoga pejuangan beliau bisa diteruskan generasi muda," tandasnya.