Ribuan Pekerja Konstruksi JIS Divaksin COVID-19

Kamis, 15 Juli 2021 12:02 Aldi Geri Lumban Tobing 724

(Foto: Aldi Geri Lumban Tobing - Beritajakarta.id)

PT Jakarta Propertindo (Jakpro) berkolaborasi dengan Kementerian Kesehatan RI dan Puskesmas Sunter Agung melakukan vaksinasi COVID-19 dosis pertama bagi 3.000 pekerja konstruksi Jakarta International Stadium (JIS) di GOR Jakarta Utara.  

Menerapkan protokol kesehatan

Pelaksanaan vaksinasi mulai 13 Juli 2021 hingga dua pekan ke depan dengan target 200 pekerja divaksin setiap harinya.

Kepala Divisi Corsec PT Jakpro, Nadia Diposanjoyo mengatakan, program vaksinasi untuk para pekerja JIS merupakan salah satu upaya membantu Pemerintah menciptakan herd immunity atau kekebalan komunitas.

"Selain melaksanakan program vaksinasi bagi para pekerja JIS, PT Jakpro bersama KSO pelaksana proyek JIS juga menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat," ujarnya, Kamis (15/7).

Ia menambahkan, bagi pekerja yang baru pulang dari luar kota diwajibkan untuk menunjukkan surat swab antigen dan swab PCR yang berlaku 1x24 jam. Pekerja yang belum memiliki bukti swab antigen dan swab PCR dilarang bergabung dengan pekerja lain sampai dapat menunjukkan surat bebas atau negatif COVID-19.

"Bagi pekerja yang terdeteksi positif, akan diisolasi mandiri selama 14 hari dan setiap hari wajib melaporkan kondisi kesehatannya kepada atasannya yang kemudian diteruskan kepada Tim Satgas COVID-19 JIS. Sementara itu, pekerja office baik dari Jakpro, KSO maupun MK dibatasi maksimal 50 persen," terangnya.

Sementara itu, Direktur Proyek JIS, Iwan Takwin menuturkan, Jakpro dan KSO pelaksana proyek optimistis pembangunan JIS akan tuntas meskipun di tengah pandemi COVID-19.

"Berbagai tantangan ini memacu Jakpro bersama KSO pelaksana proyek maupun stakeholders lainnya untuk terus berinovasi, berimprovisasi dan berkolaborasi agar pembangunan JIS dapat terlaksana dan tuntas sesuai target," tandasnya.