PPSU Cilangkap Lakukan Pemulasaran Jenazah COVID 19

Selasa, 13 Juli 2021 18:58 Nurito 617

(Foto: Nurito - Beritajakarta.id)

Lima anggota PPSU Kelurahan Cilangkap bersama tim kesehatan Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, melakukan pemulasaran jenazah COVID 19 yang meninggal dunia di rumahnya di Jl Waru RT 04/02, Selasa (12/7).

Ini merupakan jenazah ke enam yang dilakukan pemulasaran oleh kami dalam sepekan ini. 

Lurah Cilangkap, Nasir Sugiar mengatakan, setelah dilakukan pemulasaran jenazah langsung dibawa ke TPU Bambu Apus menggunakan kendaraan operasional Sudin Perhubungan Jakarta Timur yang telah dirubah menjadi ambulans pengangkut jenazah COVID 19.

Menurut Nasir, lima PPSU yang melakukan pemulasaran jenazah ini sebelumnya sudah mengikuti pelatihan di Puskesmas Kecamatan Cipayung.

"Setiap ada warga yang meninggal dunia di rumahnya karena COVID 19, maka tim pemulasaran kira kerahkan," tuturnya.

Ata Sunarta, salah seorang petugas PPSU mengatakan, pemulasaran jenazah COVID dilakukan karena adanya permintaan dari pihak keluarga.

"Ini merupakan jenazah ke enam yang dilakukan pemulasaran oleh kami dalam sepekan ini. Sejauh ini tidak ada kendala dalam penanganan di lapangan," tukasnya.

Dia menegaskan, siap membantu warga yang membutuhkan pemulasaran jenazah jika ada keluarganya yang meninggal dunia karena COVID 19.

Guna mengantisipasi terjadi penyebaran COVID di wilayah ini, Sudin Gulkarmat Jakarta Timur pun langsung bergerak cepat melakukan penyemprotan disinfektan.

Menurut Kasudin Gulkarmat Jakarta Timur, Muchtar Zakaria menambahkan, pihaknya fokus melakukan penyemprotan disinfektan pada dua rumah yang dijadikan tempat mobilitas keluarga yang meninggal dunia karena COVID tersebut.  

"Setelah ada laporan warga, kita langsung gerak cepat kirim personel untuk penyemprotan disinfektan. Upaya ini dilakukan untuk pencegahan penyebaran COVID 19," tandas Muchtar.