Beragam Bibit Sayuran dan Buah Ditanam Serentak di Kepulauan Seribu

Jumat, 04 Juni 2021 14:02 Suparni 622

(Foto: Suparni - Beritajakarta.id)

Beragam bibit sayuran dan buah di tanam serentak hari ini di wilayah Kepulauan Seribu sebagai bagian aksi kolaborasi Tanam Serentak se-DKI Jakarta Tahun 2021 yang diselenggarakan secara virtual dalam rangka menyambut peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Kemandirian dan ketahanan pangan

Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan (Asminekbang) Kepulauan Seribu, Iwan P Samosir mengatakan, selain melibatkan 27 orang anggota Kelompok Wanita Tani Ketapang Indah RW 01, kegiatan ini juga berkolaborasi dengan Yayasan Al-Falah Pulau Kelapa dengan memanfaatkan lahan seluas 774 meter persegi di dua lokasi.

"Semakin banyak kegiatan urban farming di Kepulauan Seribu diharapkan dapat semakin mewujudkan kemandirian dan ketahanan pangan agar tidak bergantung dengan pasokan dari luar wilayah," ujarnya, Jumat (4/6).

Ia berharap, Dinas KPKP DKI Jakartadapat terus memberikan pendampingan hingga membantu ketersediaan bibit, khususnya bagi kelompok tani (poktan) di Kepulauan Seribu.

"Semoga ke depan Kepulauan Seribu bisa memenuhi sendiri kebutuhan sayur-mayur dan buah-buahan," terangnya.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas KPKP Kepulauan Seribu, Devi Lidya menuturkan, beberapa jenis tanaman yang ditanam di antaranya, 50 pohon pisang, 550 bibit cabai, 50 bibit terong dan 500 batang ubi jalar.

"Selain di Pulau Kelapa, tanam serentak juga melibatkan Poktan Hijau Lestari di Pulau Pramuka dan Poktan Pulau Tidung Kecil," ungkapnya.

Ia menambahkan, hingga saat ini sudah ada 26 poktan binaan dengan luas lahan pertanian bervariasi.

"Semakin luas dan banyak urban farming di Kepulauan Seribu, tidak hanya bisa menghijaukan lingkungan tapi juga membantu pemenuhan gizi keluarga," tandasnya.

Pada kesempatan yang sama, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Suharini Eliawati mengaku siap membantu pengembangan urban farming di Kepulauan Seribu dan berharap Pulau Kelapa yang dicanangkan sebagai pulau mandiri ketahanan pangan bisa segera diwujudkan.

"Kiat berharap Pulau Kelapa ke depan bisa menjadi salah satu wilayah penghasil pertanian di wilayah DKI Jakarta," tandasnya.