Jakarta Experience Board Galang Donasi Bagi Pemandu Wisata Melalui Virtual Tour Ramadhan

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Toni Riyanto | Senin, 26 April 2021 15:01 WIB | Dibaca 482 kali
Jakarta Experience Board Galang Donasi Bagi Pemandu Wisata Melalui Virtual Tour Ramadhan (Foto : Aldi Geri Lumban Tobing / Beritajakarta.id)

Jakarta Experience Board yang merupakan branding baru PT Jakarta Tourisindo (Jaktour) melakukan penggalangan donasi bagi para pemandu wisata terdampak pandemi COVID-19 melalui program bertajuk Virtual Tour Ramadhan.

" Donasi masih dibuka hingga 2 Mei mendatang"

Program edukatif dan interaktif ini diselenggarakan pada 25 April dan 2 Mei 2021 pukul 15.30-17.30 WIB. Untuk mengikuti tur virtual ini, masyarakat hanya perlu memberikan donasi seikhlasnya.

Direktur Utama Jakarta Experience Board, Novita Dewi mengatakan, kegiatan ini tidak hanya tentang hiburan, tapi menjadi bentuk untuk membangkitkan sektor pariwisata, terutama bagi rekan-rekan pemandu wisata.

"Acara ini sekaligus memfasilitasi masyarakat yang ingin menunjukkan kepeduliannya kepada para pemandu wisata yang saat ini minim pendapatan," ujarnya Novita, Senin (26/4).

Novita mengungkapkan, meski tur virtual hanya berlangsung di 25 April dan 2 Mei 2021, namun donasi terus dibuka selama rentang waktu tersebut. Donasi bisa diberikan melalui Bank BCA dengan nomor rekening 5520-622-570 dan Bank Mandiri di 124-00-1041033-1 atas nama PT Atourin Teknologi Nusantara.

"Donasi masih dibuka hingga 2 Mei mendatang. Antusiasme masyarakat yang mengikuti Virtual Tour Ramadhan kemarin cukup tinggi dengan jumlah 500 peserta atau partisipan," terangnya.

Menurutnya, pembatasan kegiatan membuat banyak kebiasaan-kebiasaan saat Ramadan yang harus terlewatkan tahun lalu dan sekarang. Namun demikian, dengan adanya teknologi dan kreativitas, Jakarta Experience Board menghadirkan Virtual Tour Ramadhan yang dapat membawa suasana ngabuburit ke rumah sehingga masyarakat tidak merasa bosan sepanjang Ramadan.

"Bulan Ramadan menjadi momen yang tepat untuk mengenal masjid-masjid di Jakarta yang kental dengan sejarah Islamnya. Sehingga, kami mencoba hadirkan program edukatif sambil menemani waktu menunggu berbuka puasa jadi terasa lebih menyenangkan," ungkapnya.

Ia menambahkan, Virtual Tour Ramadhan merupakan hasil kolaborasi dengan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta dan Atourin. Semua proses tapping dalam kegiatan ini dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan.  

"Kami berharap Virtual Tour Ramadhan ini dapat menjadi alternatif hiburan bagi masyarakat dan salah satu program awal untuk membangkitkan kembali pariwisata Jakarta," tandasnya.

Untuk diketahui, Virtual Tour Ramadhan mengajak masyarakat untuk mengunjungi kawasan sejarah seperti, Masjid Cut Meutia, Masjid Luar Batang, dan Masjid Al Alam, Marunda atau yang dikenal sebagai Masjid Si Pitung.

Kegiatan ini dikemas secara interaktif dengan adanya interaksi antara pemandu wisata dan peserta tur, juga ada game menarik. Dalam tur ini, masyarakat juga diajak untuk berburu takjil di kawasan Jalan Sabang dan Pusat Nasi Kapau Kwitang.

Untuk mengikuti Virtual Tour Ramadhan, masyarakat dapat mendaftar melalui tautan bit.ly/MosqueofJakarta. Selanjutnya, peserta tur akan mendapatkan link Zoom yang dapat diakses pada jam yang telah ditentukan.

Peserta dapat melakukan interaksi dan berkesempatan mengikuti permainan (game) interaktif dan program giveaway yang akan dipandu oleh pemandu wisata dan para Abang None Jakarta. Bagi masyarakat yang hanya ingin menonton Virtual Tour Ramadhan dapat mengakses tayangan di kanal Youtube Pemprov DKI Jakarta pada jam yang sama.

TOP